FINAL PROJECT PMO2-TI16B-UNTUNG NUR KHIFNI

PROJECT AKHIR

PEMROGRAMAN MOBILE 2

“BANGUN PC”

Sebagai Media Asisten Dalam Membangun Pc Secara Mandiri

Disusun Oleh Kelompok 2 dengan anggota :

Untung Nur Khifni (16.11.0137)

Ade Putra Praditya (16.11.0117)

Ahmad (16.11.0118)

Ridho Santoso Handoyo (16.11.0133)

Yusup Efendi (16.11.0142)

Yanuar Arviansyah (16.11.0146)

Moch Mugni Labib (16.11.0123)

Zidni Mujib (16.11.0160)

M.I.Zulkifli Nurul ‘Ilmi (16.11.0134)

Desi Putri Pratiwi (16.11.0164)

Rafli Husain Kurniawan (16.11.0164)

 

STMIK AMIKOM PURWOKERTO

2019

___________________________________________________________________________________________

LATAR BELAKANG

Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat terutama pada bidang telekomunikasi salah satu contohnya adalah smartphone. Saat ini kebutuhan akan segala informasi yang cepat dan tepat semakin meningkat, sehingga menuntut para penyedia informasi untuk menyediakan informasi terbaru kepada masyarakat. Penyediaan informasi merupakan hasil informasi yang diperoleh dari kumpulan data yang sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat berguna untuk proses pengambilan keputusan. Dan karena banyaknya masyarakat yang mencari informasi tentang perakitan sebuah PC yang efisien, dan tentang berbagai harga komponen PC yang akan dibuatnya. Maka dengan adanya aplikasi ini diharapkan bisa membantu permasalahan tersebut. Seperti bagaimana kita akan merakit PC yang benar dan mengalokasikan anggaran yang sesuai agar terhindar dari penipuan para penjual. Dan juga bisa mengetahui komponen apa saja yang harus dibeli sesuai dengan kebutuhannya.

Aplikasi Bangun PC adalah aplikasi yang membantu kita dalam membuat atau merakit komputer dengan lebih mudah dan sesuai dengan kebutuhan. Pengguna diharapkan menjadi mengerti dalam merakit komputer dengan komponen yang benar. Pengguna juga dapat mengetahui harga komponen yang tepat sehingga pengguna lebih hemat dalam pengeluaran merakit komputer.

_____________________________________________________________________________________________

RUMUSAN MASALAH

  1. Bagaimana memilih komponen komputer yang tepat saat akan merakit pada platform Android?
  2. Bagaimana mendesain user interface pada sebuah aplikasi perakitan PC?
  3. Bagaimana penerapan aplikasi perakitan PC serta penggunaannya pada platform android?
  4. Bagaimana menampilkan harga dan produk secara realtime ter-update pada aplikasi perakitan PC?

_____________________________________________________________________________________________

BATASAN MASALAH

  1. Program ini merupakan sebuah aplikasi untuk perakitan PC pengguna/user
  2. Pada Aplikasi ini hanya di gunakan untuk membuat atau membangun PC saja
  3. Aplikasi berjalan pada mobile device yang menggunakan sistem operasi Android minimal versi Lolipop
  4. Aplikasi ini menggunakan Firesbase untuk penyimpanan databasenya sehingga terhubung internet.
  5. Aplikasi menggunakan API dari online store untuk mengupdate produk

________________________________________________________________________________________________

TUJUAN PENELITIAN

  1. Memudahkan pengguna untuk dapat merakit pc secara mandiri
  2. Menampilkan harga dan produk ter-upadate secara realtime untuk memudahkan pengguna mencari referensi harga terbaru
  3. Pengguna dapat menyimpan data rakitan yang terintegrasi dengan akun pengguna
  4. Design dan navigasi yang simple agar mudah di pahami oleh pengguna yang masih baru
  5. Testing terhadap aplikasi agar mengetahui eror dan bug untuk memastikan aplikasi lancar digunakan

_______________________________________________________________________________________________

TINJAUAN PUSTAKA

Pengertian Android

Android (/ˈæn.drɔɪd/; an-droyd) adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet.[11] Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005.[12] Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler.[13] Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.[14]

Antarmuka pengguna Android umumnya berupa manipulasi langsung, menggunakan gerakan sentuh yang serupa dengan tindakan nyata, misalnya menggeser, mengetuk, dan mencubit untuk memanipulasi objek di layar, serta papan ketik virtual untuk menulis teks. Selain perangkat layar sentuh, Google juga telah mengembangkan Android TV untuk televisi, Android Auto untuk mobil, dan Android Wear untuk jam tangan, masing-masingnya memiliki antarmuka pengguna yang berbeda. Varian Android juga digunakan pada komputer jinjing, konsol permainan, kamera digital, dan peralatan elektronik lainnya.

Pengertian Firebase

Firebase adalah suatu layanan dari google untuk mempermudah para pengembang-pengembang aplikasi untuk mengembangkan aplikasinya. Firebase(BaaS ‘Backend as a Service’) ini merupakan solusi yang ditawarkan oleh Google untuk mempermudah pekerjaan Developer. Dengan adanya Firebase, apps developer bisa fokus mengembangkan aplikasi tanpa harus memberikan effort yang besar untuk urusan backend.Firebase memiliki beberapa yang disediakan., yaitu :

1. Google Analytic

Analytics menyajikan data seputar perilaku pengguna pada aplikasi Android dan iOS agar Anda dapat mengambil keputusan yang lebih baik tentang produk dan pengoptimalan pemasaran. Lihat data error, efektivitas notification, performa deep link, data pembelian dalam aplikasi, dan lain-lain.

2. Real-time database

Untuk Menyimpan dan sinkronkan data antara pengguna dan perangkat secara realtime menggunakan database noSQL yang dihosting secara cloud. real-time adalah kondisi pengoperasian dari suatu sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang dibatasi oleh rentang waktu dan memiliki tenggat waktu (deadline) yang jelas, relatif terhadap waktu suatu peristiwa atau operasi terjadi, jadi data akan dikirim seketika waktu itu juga.

3. Authentication

Untuk mengelelola pengguna dengan cara yang mudah dan aman. Firebase Auth menawarkan beberapa metode autentikasi, termasuk email/sandi, penyedia pihak ketiga seperti Google atau Facebook, atau langsung menggunakan sistem akun Anda yang sudah ada.

4. Cloud Storage

Untuk menyimpan dan bagikan gambar, audio, video, atau konten lain yang dibuat pengguna secara mudah dengan penyimpanan object yang andal, sederhana, dan hemat biaya yang dikembangkan untuk skala Google.

5. Hosting

Permudah hosting web statis Anda dengan fitur yang dibuat khusus untuk aplikasi web modern. Saat Anda mengupload aset web, kami secara otomatis akan memasukkannya ke CDN global kami, dan memberinya sertifikat SSL gratis, sehingga pengguna Anda akan mendapatkan pengalaman yang aman, andal, berlatensi rendah, di mana pun mereka berada.

Pengertian AdMob

Menurut Sumber Wikipedia Indonesia AdMob adalah perusahaan iklan mobile yang didirikan oleh Omar Hamoui. Ia didirikan pada tahun 2006 dan berbasis di San Mateo, California. Pada bulan November 2009 ia diakuisisi oleh Google seharga $ 750 juta. Akuisisi ini diselesaikan pada 27 Mei 2010. Apple Inc. juga telah menyatakan minatnya untuk membeli perusahaan itu pada tahun yang sama, tetapi mereka keluar-tawaran oleh Google, dan sejak memperkenalkan platform iklan mereka sendiri yaitu iAd. Sebelum diakuisisi oleh Google, AdMob mengakuisisi perusahaan AdWhirl, sebelumnya Adrollo, yang merupakan platform untuk mengembangkan iklan di aplikasi iPhone. AdMob menawarkan solusi iklan untuk platform mobile, termasuk Android, IOS, WebOS, Flash Lite, dan semua browser web mobile standar.

AdMob adalah salah satu platform terbesar di dunia iklan mobile dan klaim untuk melayani lebih dari 40 miliar banner mobile dan iklan teks per bulan di seluruh situs Web mobile dan aplikasi handset.

Bagi yang belum mengerti mengenai Admob apa itu Admob ? serta mengapa, baiklah kita pelajari sejenak melalui artikel singkat ini. Admob adalah Adsense Portable Pay-per-click yaitu sebuah layanan iklan secara cell phone yang dulu di kelola oleh Omar Hamoui tetapi kemudian di akuisisi Search engines dengan nilai yang fantastis money 750 Juta.

Seiring makin berkembangnya Pengguna Google android saat ini dimana semakin murah serta terjangkaunya Smart phone Google android dunia serta di Indonesia khususnya, maka para pengembang Aplikasi berlomba-lomba membuat bermacam-macam aplikasi, ada yang menjualnya secara berbayar maupun gratis, serta kemudian menanamkan Admob di dalamnya guna di generate monies.

Pengertian Firebase Authentication

Firebase Authentication merupakan layanan sistem otentikasi yang menerapkan kode client-side, sehingga pengguna dapat mendaftar dan login ke aplikasi Facebook, GitHub, Twitter dan Google (Google Play Games). Selain itu, Firebase termasuk sistem manajemen pengguna dimana pengembang dapat mengaktifkan otentikasi pengguna dengan login email dan kata sandi yang disimpan dengan Firebase. Sebagian besar aplikasi perlu mengetahui identitas pengguna. Dengan mengetahui identitas pengguna, aplikasi dapat menyimpan data pengguna secara aman di cloud dan memberikan pengalaman personal yang sama di setiap perangkat pengguna. Firebase Authentication mendukung otentikasi menggunakan sandi, nomor telepon, penyedia identitas gabungan yang populer, seperti Google, Facebook, dan Twitter, dan lain-lain

Pengertian JSON

   JSON singkatan untuk JavaScript Object Notation — adalah sebuah format untuk berbagi data. Seperti dapat kita lihat dari namanya, JSON diturunkan dari bahasa pemrograman javaScript, akan tetapi format ini tersedia bagi banyak bahasa lain termasuk Python, Ruby, PHP, dan Java. JSON biasanya dilafalkan seperti nama “Jason.”

JSON menggunakan ekstensi .json saat ia berdiri sendiri. Saat didefinisikan di dalam format file lain (seperti di dalam .html), ia dapat tampil didalam tanda petik sebagai JSON string, atau ia dapat dimasukkan kedalam sebuah variabel. Format ini sangat mudah untuk ditransfer antar server web dengan klien atau browser.

Karena sangat mudah dibaca dan ringan, JSON memberikan alternatif lebih baik dari XML adn membutuhkan formatting yang tidak banyak. Panduan ini akan membantu pembaca untuk memahami apa itu JSON, bagaimana menggunakan data di file JSON, serta struktur dan sintaks dari format ini.

_______________________________________________________________________________________________

PENUTUP

Kesimpulan

Dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

1. Adanya Aplikasi Bangun PC dapat membantu pengguna/user yang ingin merakit pc mereka secara mandiri dan efisien

2. Dapat Membantu Pengguna/User untuk mendapatkan update produk dan harga komponen komputer secara realtime

Saran

1. Pada Aplikasi ini perlu penambahan “Saran” agar pengguna menjadi terbantu dalam merakit komputernya.

2. Aplikasi ini perlu memperbaiki tampilan tampilan user interface agar lebih menarik lagi

_________________________________________________________________________________________________

DAFTAR PUSTAKA

https://firebase.google.com/docs/

https://developer.android.com/reference/

https://github.com/kirilkirkov/Ecommerce-CodeIgniter-Bootstrap/wiki/API

https://stackoverflow.com/questions/35945075/calculating-and-passing-number-to-another-activity

https://stackoverflow.com/questions/45570776/load-data-from-internet-in-recyclerview-adapter

https://stackoverflow.com/questions/9605913/how-do-i-parse-json-in-android

https://android.jlelse.eu/android-firebase-authentication-with-google-signin-3f878d9b7553

https://firebase.google.com/docs/auth/android/email-link-auth?hl=id

https://developers.google.com/admob/

https://stackoverflow.com/questions/5776851/load-image-from-url

http://www.vogella.com/tutorials/AndroidListView/article.html

dll

_________________________________________________________________________________________________

Link Video youtube Project Akhir Bangun PC :  klik disini

Link Source Code Bangun PC : Source code