PMO2-TI16S-P5-Pengenalan Maps, GPS, Location based Services- FADIL

PEMROGRAMAN MOBILE 2

Kelompok 3
Anggota :
Fadila Aktar Ziyadi : 16.11.0079
Mei Indiani : 16.11.0097
Calvin Hartono : 16.11.0100
Mohammad Fahrul : 16.11.0107
Wahyu : 16.11.0132
Bachtiar Andi : 16.11.0135
Fadil : 16.11.0136
Aziz Nur Rahman : 16.11.0140
Rizqi Adi Prakoso :16.11.0147
Fajar Bayu Wicaksono :16.11.0157

——————————————————————————————————————————————————————–

Meteri yang akan di bahas :

Pengenalan Maps, GPS, Location based Services
-Pemahaman Maps, GPS dan based location
-Dasar pembuatan Maps dan based location
-Menentukan sebuah lokasi yang tersedia
-Menemukan lokasi yang ditentukan
-Membuat rute
-Mencari rute tercepat
-Menemukan lokasi dengan kriteria tertentu
-Mengetahui lokasi saat ini
-Memperharui lokasi terbaru

——————————————————————————————————————————————————————–

Pemahaman google maps API

API adalah kependekan dari Application programming interface.
Dengan bahasa yang lebih sederhana, API adalah fungsi fungsi  pemrograman yang disediakan oleh aplikasi atau layanan agar layananan tersebut bisa di integrasikan dengan aplikasi yang kita buat.
Jadi Google maps API adalah fungsi fungsi pemrograman yang disediakan oleh Google maps agar Google maps bisa di integrasikan kedalam Web atau aplikasi yang sedang buat. Contoh sederhanya misalkan anda ingin membuat Sistem informasi Geografis kampus di jogja, dengan memanfaatkan Google Maps API bisa membuat GIS tanpa perlu memikirkan Peta Jogja, kuta tinggal pake Google maps dan memanggil fungsi fungsi yang dibutuhkan seperti menampilkan peta, menempatkan marker dan sabagainya.

Fungsi-fungsi google mpas api

-Google maps Javascript API v3
ini adalah google maps API yang akan kita pelajari. embel embel javascript menunjukan API ini tersedia dalam bahasa javascript.

-Google Maps API Webservice
Layanan Google maps API untuk fungsi lanjutan seperti direction, Geocoding, Distance Matrix API dan elevation API.

-Google Place API
Ini adalah API wajib yang harus dikuasai untuk membuat aplikasi Location based service .Tiga API diatas adalah API yang paling penting untuk anda pelajari, sebenarnya masih ada beberapa API lain seperti Google Earth API dan Google Maps Image API namun untuk saat ini API ini tidak kita pelajari.

Pemahaman GPS

Global Positioning System (GPS)) adalah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu.

Cara kerja GPS

Bagian yang paling penting dalam sistem navigasi GPS adalah beberapa satelit yang berada di orbit bumi atau yang sering kita sebut di ruang angkasa. Satelit GPS saat ini berjumlah 24 unit yang semuanya dapat memancarkan sinyal ke bumi yang lalu dapat ditangkap oleh alat penerima sinyal tersebut atau GPS Tracker. Selain satelit terdapat 2 sistem lain yang saling berhubungan, sehingga jadilah 3 bagian penting dalam sistem GPS. Ketiga bagian tersebut terdiri dari: GPS Control Segment (Bagian Kontrol), GPS Space Segment (bagian angkasa), dan GPS User Segment (bagian pengguna).

Fungsi dan Kegunaan GPS
Untuk apa tujuan Amerika Serikat membuat sistem GPS yang notabene telah memakan biaya sangat besar untuk biasa pembuatan, pengoperasian dan perawatan. Tentunya bukan tanpa manfaat, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sistem navigasi GPS bagi masyarakat seluruh dunia dan khususnya bagi pemerint Amerika Serikat itu sendiri. Beberapa fungsi dan kegunaan GPS tersebut bisa dibagi kepada 5 poin, yaitu:
GPS untuk Pemantau Gempa
GPS untuk Sistem Pelacakan Kendaraan
GPS untuk Sistem Informasi Geografis
GPS untuk Navigasi
GPS untuk Militer

Komponen-komponen Pembentuk GPS

Satelit

Satelit merupakan komponen utama yang sangat penting dalam GPS. Dengan adanya satelit, semua posisi permukaan bumi bisa diketahui dengan jelas. Hal ini yang menyebabkan GPS bisa menampilkan gambaran lokasi dengan detail karena satelit berfungsi dengan baik untuk memantau posisi permukaan bumi. Satelit bisa memancarkan sinyal ke beberapa pengontrol supaya GPS bisa digunakan dengan maksimal sesuai fungsinya. Semua data yang didapatkan oleh satelit akan disimpan dan disampaikan ke receiver.

Pengontrol

Pengontrol memiliki fungsi yang sangat besar karena harus memantau kondisi satelit. Pengendalian satelit dilakukan oleh komponen pengontrol ini. Dengan dilakukan pengontrolan satelit secara berkala, kondisi terkini dari satelit bisa diketahui dengan cepat supaya ketika anda informasi apapun dari satelit bisa diterima oleh pengontrol.

GPS Terdiri dari 3 bagian :

a.Space SEGMEN (Angkasa)
-28 Satelit Aktif (Yang tersebar sekarang).
-6 Orbital Planes dengan inklinasi 55 derajat.
-12 Jam Peroide orbital.
-20 000 Km 20,000 Km Tinggi GPS.
-Aproximate Kecepatan Satelit 4 k/sec24 Jam 3D Data Coverag.

b.Ground SEGMEN (Permukaan Bumi)
Di Monitor oleh DoD di Colorado Springs, Hawaii, Ascension, Diego Garcia, Kwajalein Mereka menentukan menentukan posisi dari Satelit Satelit dan memprediksi Path.

c. User SEGMEN (Pengguna GPS)
Semua Orang di DuniaSurveyor, Peneliti, Nelayan, Petani, Pilot, Angkatan Bersenjata.

Pemahaman Location Based service(LBS)
Location Based Service (LBS) adalah sebuah layanan yang berbasis pada lokasi dan diakses melalui perangkat bergerak (Smartphone,dll) dan dapat menampilkan sebuah peta beserta lokasi dimana perangkat bergerak itu berada.

Nah dengan layanan LBS kita dapat mengetahui posisi kita sedang ada dimana, posisi teman, dan posisi rumah sakit atau pom bensin yang jaraknya dekat dengan kita.

Layanan Location Based Service (LBS) menggunakan GPS (Global Positioning System) yang ada pada perangkat bergerak untuk mendapatkan koordinat dan menampilkannya dalam sebuah peta

Link PPT :pertemuan 5 klmpok 3
Link Projek :https://drive.google.com/open?id=1nhFjJmCTj2Frl7YoUZRIdkEI6_O0PTrX