PMO Pertemuan 1 Pengenalan Pemrograman Mobile

1.Pengertian Pemrograman Mobile

Pemrograman mobile adalah pembuatan aplikasi yang berjalan pada perangkat bergerak seperti HP / tablet. Aplikasi mobile dikembangkan untuk platfrom tertentu. Platform yang populer saat ini adalah iOS dan Android. Contoh platform lain adalah Windows Phone

Mobile adalah perangkat yang bergerak, misalnya telepon seluler atau komputer bergerak yang digunakan untuk mengakses jasa jaringan. Jadi mobile programming adalah program yg di gunakan utk perangkat mobile.

contohnya mobile programing untuk ponsel :

  • J2ME , ini rasanya paling umum dan paling banyak HP yang support teknologi ini, blackberry pun     masih menggunakan J2ME dengan tambahan API
  • C++ dalam symbian framework, ini khusus untuk HP dengan OS symbian
  • Flash Lite, game flash di mobile. Playernya sendiri setau saya baru ada di nokia Nseries
  • Objective C (mirip C tapi beda struktur bahasa program ) , ini untuk iphone,dan hanya bisa didevelop via OS Macintosh
  • C++ dalam Brew framework, ini untuk HP CDMA
  • C# .NET, untuk HP dengan OS Windows mobile
  • Javafx mobile, masih dikit yang support, mgkn baru HP Android

2. Sistem Oprasi Perangkat Bergerak

Perangkat komputasi bergerak seperti smartphone dan tablet, tidak bisa dilepaskan dari adanya sistem operasi (operating system). Sebagaimana sistem operasi pada komputer, sistem operasi pada perangkat komputasi bergerak berfungsi untuk mengelola sumber daya perangkat bergerak dan menyediakan layanan (servis) yang bersifat umum agar bisa diakses oleh aplikasi yang berjalan di atasnya.

Sistem operasi pada perangkat bergerak memadukan kemampuan sistem operasi pada komputer dengan kemampuan untuk mengelola komponen yang biasa ada dalam perangkat bergerak seperti layar sentuh, jaringan seluler, bluetooth, WiFi, navigasi GPS, NFC, dan fitur standar lainnya. Sistem operasi perangkat bergerak yang menguasai pasaran perangkat komputasi bergerak saat ini tidak lepas dari empat sistem operasi yang tadi: Android, iOS, Blackberry dan Windows Phone. Dan yang menjadi penguasanya, jika dilihat dari banyaknya perangkat yang terjual, adalah Android.

Menurut penelusuran IDC Worldwide Mobile Phone Tracker, selama kuartal keempat tahun 2012, perangkat Android menguasai sekitar 70%. Sementara iOS menguasai pasar 21%, Blackberry dan Windows Phone menguasai 3%.

3. Lingkungan Pengembangan

A. Android Studio

Android Studio adalah Lingkungan Pengembangan Terpadu – Integrated Development Environment (IDE) untuk pengembangan aplikasi Android, berdasarkan IntelliJ IDEA . Selain merupakan editor kode IntelliJ dan alat pengembang yang berdaya guna, Android Studio menawarkan fitur lebih banyak untuk meningkatkan produktivitas Anda saat membuat aplikasi Android, misalnya:

  • Sistem versi berbasis Gradle yang fleksibel
  • Emulator yang cepat dan kaya fitur
  • Lingkungan yang menyatu untuk pengembangan bagi semua perangkat Android
  • Instant Run untuk mendorong perubahan ke aplikasi yang berjalan tanpa membuat APK baru
  • Template kode dan integrasi GitHub untuk membuat fitur aplikasi yang sama dan mengimpor kode contoh
  • Alat pengujian dan kerangka kerja yang ekstensif
  • Alat Lint untuk meningkatkan kinerja, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah-masalah lain
  • Dukungan C++ dan NDK
  • Dukungan bawaan untuk Google Cloud Platform, mempermudah pengintegrasian Google Cloud Messaging dan App Engine

B. Eclipse

Eclipse adalah sebuah lingkungan pengembangan terpadu (IDE). Ini berisi dasar kerja dan extensible plug-in sistem untuk menyesuaikan lingkungan. Eclipse ditulis terutama di Java dan penggunaan utamanya adalah untuk mengembangkan aplikasi Java, tetapi juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi di lain bahasa pemrograman melalui penggunaan plugin, including: Ada , ABAP , C , C++ , COBOL , Fortran , Haskell , JavaScript , Julia , Lasso , Lua , NATURAL , Perl , PHP , Prolog , Python , R , Ruby (including Ruby on Rails framework), Rust , Scala , Clojure , Groovy , Skema , dan Erlang . Hal ini juga dapat digunakan untuk mengembangkan paket untuk perangkat lunak Mathematica . Pembangunan lingkungan termasuk alat-alat pengembangan Eclipse Java (JDT) untuk Java dan Scala, Eclipse CDT untuk C / C ++ dan Eclipse PDT untuk PHP, antara lain.

4. Software Developmen

Software development adalah salah satu tipe proyek dalam bidang IT yang berfokus pada menciptakan ataupun mengembangkan sebuah perangkat lunak. Software development sendiri bisa diperinci menjadi beberapa proses :

  • Menciptakan sebuah perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan manusia.
  • Mendesain software.
  • Mengembangkan sebuah software aplikasi pada perusahaan.
  • Mengembangkan sebuah platform.

Karena kerjanya yang tidak nampak (software) pekerjaan ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, maka dari itu tidak sedikit software development yang gagal menjalankan kegiatannya dengan baik kegagalan tersebut banyak dikarenakan oleh proses pengerjaan sebuah proyek yang tidak sesuai dengan rencana awal.

Salah satu tingkat kesulitannya adalah seorang software developer harus membuat sebuah software yang nantinya bisa dikembangkan lagi dan seorang software defeloper dituntut untuk bisa mendokumentasikan dengan baik setiap source code yang mereka gunakan sehingga seorang user dapat memahami dan memanfaatkan softwarenya dengan baik.

Secara garis besar sebuah software development terbagi menjadi beberapa, yaitu :

A. Planning

Tahap ini adalah tahap paling awal dalam dunia software development, namun proses ini juga yang menjadi penentu keberhasilan software development tersebut dan langkah yang akan menghasilkan.

  • Proses kerja yang jelas antar anggota.
  • Timeline
  • Anggaran dana

Dalam hal ini juga dibutuhkan sebuah ketua proyek yang tegas dan jelas dalam penandatanganan kontrak, selain berisi tentang estimasi dana , kontrak kerja juga harus berisi batasan – batasan pengerjaan proyek yang jelas. Hal ini untuk mengantisipasi agar tim proyek tidak terikat oleh penambahan – penambahan modul yang nantinya mungkin terjadi.

B. Requirement And Specification

Tahap ini dilakukan untuk menentukan fitur – fitur apa saja yang tepat serta yang dibutuhkan oleh software yang akan dibuat. Tahap ini dapat dilakukan dengan cara interview, observasi, dan studi pustaka.

C. Architecture and Design

Tahap ini untuk menentukan detail – detail sistem yang akan digunakan, tahap ini bertujuan untuk menentukan desain keseluruhan dari software yang meliputi : konseptual database, sistem keamanan, dan interface.

D. Implementation And Testing

Tahap ini mulainya pembuatan sebuah software dengan berpedoman pada tahap – tahap sebelumnya yang telah ditetapkan. Sedangkan tahap testing merupakan tahap serangkaian pengujian terhadap software yang telah dibuat untuk menentukan kapabilitas dari sebuah software. Testing sendiri terbagi menjadi beberapa tahap pengujian : security testing, performance testing, stress testing, recovery testing.

E. Development and Maintenance

Kedua tahap terakhir ini adalah dimana software telah digunakan oleh user. Terdapat 2 hal penting yang ada pada tahap ini, antara lain : Training penggunaan software, Pemantauan software. Pemantauan ini dilakukan untuk melihat kestabilan dari sebuah software yang telah dibuat. Kestabilan bisa dinilai dari dengan tidak adanya bug yang muncul selama penggunaan software tersebut.

Beberapa metode dibuat untuk menerapkan tahapan – tahapan diatas, diantaranya adalah :

  • Waterfall,  tahap – tahap diatas dikerjakan secara berurutan
  • Prototype, telah ada sebuah prototype ata software sebelum untuk kemudian dikembangkan sehingga tahap observasi tidak perlu dilakukan.
  • Incremental, Waktu keseluruhan pengerjaan proyek dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, kemudian tahap-tahap di atas dilakuka secara berurutan.
  • Spiral, Hampir sama dengan metode incremental, tetapi terdapat kemungkinan untuk dilakukan perbaikan sehingga terjadi perulangan dan bentuknya seperti spiral.

Berikut ini adalah beberapa tantangan yang harus dihadapi ketika kita akan memasuki dunia Software development, anatara lain :

  • Project Leader harus memilikikemampuan interpersonal yang baik karena menyangkut kelangsungan proyek
  • Kebanyakan software development gagal karena team tidak bisa mengestimasi dengan pasti detail-detail kebutuhan dari proyek.
  • Metode pengerjaan yang dipakai akan menentukan proses kerja dari setiap anggota team proyek.
  • Software adalah benda abstrak, sehingga kemampuan untuk memahami bahasa komputer adalah mutlak bagi setiap anggota team.
  • Pengerjaan software development yang cenderung individualis mengharuskan setiap anggotanya memiliki interaksi yang baik.

Proses tahapan sebuah bisnis Software development :

  • Mengidentifikasi peluang pasar.
  • Menentukan kelangsungan hidup sebuah produk.
  • Menentukan visi dari produk yang akan dihasilkan.
  • Launching Produk.

5. Arsitektur Sistem Oprasi Mobile

Arsitektur sistem operasi mobile adalah arsitektur perangkat lunak yang digunakan dalam membangun perangkat lunak sistem operasi mobile. Macam2 sistem operasi mobile antara lain Android,Ios,Windows phone, Blackberry, Maemo, Jolla OS, Symbian, Firefox OS, Tizen , Palm OS,Maemo.

Arsikterktur Sistem Operasi Android

Google sebagai pencipta Android yang kemudian diasuh oleh Open Handset Alliance mengibaratkan Android sebagai sebuah tumpukan software. Setiap lapisan dari tumpukan ini menghimpun beberapa program yang mendukung fungsi-fungsi spesifik dari sistem operasi. Tumpukan paling bawah adalah kernel.

A. Linux Kernel

Android dibangun di atas kernel Linux 2.6. Namun secara keseluruhan android bukanlah linux, karena dalam android tidak terdapat paket standar yang dimiliki oleh linux lainnya. Linux merupakan sistem operasi terbuka yang handal dalam manajemen memori dan proses. Oleh karenanya pada android hanya terdapat beberapa servis yang diperlukan seperti keamanan, manajemen memori, manajemen proses, jaringan dan driver. Kernel linux menyediakan driver layar, kamera, keypad, WiFi, Flash Memory, audio, dan IPC (Interprocess Communication) untuk mengatur aplikasi dan lubang keamanan.

B. Libraries

Android menggunakan beberapa paket pustaka yang terdapat pada C/C++ dengan standar Berkeley Software Distribution (BSD) hanya setengah dari yang aslinya untuk tertanam pada kernel Linux. Beberapa pustaka diantaranya:

  • Media Library untuk memutar dan merekam berbagai macam format audio dan video.
  • Surface Manager untuk mengatur hak akses layer dari berbagai aplikasi.
  • Graphic Library termasuk didalamnya SGL dan OpenGL, untuk tampilan 2D dan 3D.
  • SQLite untuk mengatur relasi database yang digunakan pada aplikasi.
  • SSl dan WebKit untuk browser dan keamanan internet.

C. Android Runtime

Pada android tertanam paket pustaka inti yang menyediakan sebagian besar fungsi android. Inilah yang membedakan Android dibandingkan dengan sistem operasi lain yang juga mengimplementasikan Linux. Android Runtime merupakan mesin virtual yang membuat aplikasi android menjadi lebih tangguh dengan paket pustaka yang telah ada. Dalam Android Runtime terdapat 2 bagian utama, diantaranya:

D. Application Framework

Kerangka aplikasi menyediakan kelas-kelas yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi android. Selain itu, juga menyediakan abstraksi generik untuk mengakses perangkat, serta mengatur tampilan user interface dan sumber daya aplikasi. Bagian terpenting dalam kerangka aplikasi android adalah sebagai berikut [Hello Android 2nd Edition]:

  • Activity Manager, berfungsi untuk mengontrol siklus hidup aplikasi dan menjaga keadaan ”Backstack“ untuk navigasi penggunaan.
  • Content Providers, berfungsi untuk merangkum data yang memungkinkan digunakan oleh aplikasi lainnya, seperti daftar nama.
  • Resuource Manager, untuk mengatur sumber daya yang ada dalam program. Serta menyediakan akses sumber daya diluar kode program, seperti karakter, grafik, dan file layout.
  • Location Manager, berfungsi untuk memberikan informasi detail mengenai lokasi perangkat android berada.
  • Notification Manager, mencakup berbagai macam peringatan seperti, pesan masuk, janji, dan lain sebagainya yang akan ditampilkan pada status bar.

E. Application Layer

Puncak dari diagram arsitektur android adalah lapisan aplikasi dan widget. Lapisan aplikasi merupakan lapisan yang paling tampak pada pengguna ketika menjalankan program. Pengguna hanya akan melihat program ketika digunakan tanpa mengetahui proses yang terjadi dibalik lapisan aplikasi. Lapisan ini berjalan dalam Android runtime dengan menggunakan kelas dan service yang tersedia pada framework aplikasi.

Lapisan aplikasi android sangat berbeda dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Pada android semua aplikasi, baik aplikasi inti (native) maupun aplikasi pihak ketiga berjalan diatas lapisan aplikasi dengan menggunakan pustaka API (Application Programming Interface) yang sama.

6. Versi-Versi Sistem Oprasi

A. Android

  • 0,”Alpha” dirilis pada tanggal 23 September 2008
  • 1,”Beta” dirilis pada tanggal 9 Februari 2009
  • 5 “Cupcake” dirilis pada tanggal 27 April 2009
  • 6 “Donut”, dirilis pada tanggal 15 September 2009
  • 0-2.1 “Eclair”, dirilis pada tanggal 3 Desember 2009
  • 2-2.2.3 “Froyo”, dirilis pada tanggal 20 Mei 2010
  • 3-2.3.7 “Gingerbread”, dirilis pada tanggal 6 Desember 2010
  • 0-3.2.6 “Honeycomb”, dirilis pada tanggal 22 Februari 2011
  • 0-4.0.4 “Ice Cream Sandwich”, dirilis pada tanggal 18 Oktober 2011
  • 1-4.3.1 “Jelly Bean”, dirilis pada tanggal 9 Juli 2012
  • 4-4.4.4 “KitKat”, dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013
  • 0-5.1.1 “Lolipop”, dirilis pada tanggal 12 November 2014
  • 0-6.x.x “Marsmallow”, diriilis pada tanggal 5 Oktober 2015
  • 0 “Nougat”, diriilis pada tanggal 22 Agustus 2016

B. IOS

  • iPhone OS 1.x, dirilis pada tanggal 6 Maret 2008
  • iPhone Os 2.x, dirilis pada tanggal 11 Juli 2008
  • iPhone OS 3.x, dirilis pada tanggal 17 Juni 2009
  • iOS 4, dirilis pada tanggal 22 November 2010
  • iOS 5, dirilis pada tanggal 12 Oktober 2011
  • iOS 6, dirilis pada tanggal 19 September 2012
  • iOS 7, dirilis pada tanggal 18 September 2013
  • iOS 8, dirilis pada tanggal 17 September 2014
  • iOS 9, dirilis pada tanggal 16 September 2015
  • iOS 10, dirilis pada tanggal 13 September 2016
  • iOS 11, dirilis pada tanggal 19 September 2017

C. Windows Phone

  • Windows Phone 7, dirilis 21 Oktober 2010
  • Windows Phone 7.5, dirilis pada tanggal 27 September 2011
  • Windows Phone 7.8, dirilis pada tanggal 1-2 Februari 2012
  • Windows Phone 8, dirilis pada tanggal 29 Oktober 2012
  • Windows Phone 8.1, dirilis pada tanggal 14 April 2015
  • Windows Phone 10 Mobile, diumumkan pada tanggal 15 Januari 2015

7. Perbandingan Sistem Oprasi Mobile

Dengan perkembangan dunia gadget yang terus meningkat, membuat para produsen komunikasi terus bersaing menciptakan inovasi-inovasi baru untuk memanjakan penggunanya. Saat ini gadget sudah menjadi salah satu barang kebutuhan kita sehari-hari, mulai dari yang memakai sistem operasi Android, iOS, Windows Phone, maupun blackberry. Tak seditik dari para pengguna gadget yang sering berselisih tentang bagus tidaknya OS yang dipakai di smartphone mereka masing-masing. Semuanya tergantung dari kebutuhan dan kenyamanan kita saat menggunakannya.

A. Android

OS Android merupakan perangkat sistem yang di pasarkan oleh perusahaan Google ke pasar ponsel sejak tahun 2007. Dan saat ini sudah menguasai pasar di seluruh dunia, mulai dari pengguna kelas bawah hingga kelas atas. Perangkat ini bersifat open source yang bisa kita otak-atik sesuai keinginan kita dan membuat para produsen aplikasi dengan mudah menjual perangkat bikinan meraka ke dalam Android App atau Google App.

B. iOS

Sistem operasi ini di kembangkan sendiri secara ekslusif oleh perusahaan Apple, dan tidak bisa dii install di perangkat lain selain Apple. OS iOS ini bisa dikatakan berbeda dengan Android, jika di android bersifat open source yang secara bebas aplikasi di jual di dalamnya, berbeda dengan iOS yang bersifat closed source yang dimana aplikasi sebelum di jual di App Store disaring terlebih dahulu sehingga pengguna lebih aman memilih aplikasi dan tidak dipusingkan dengan banyaknya aplikasi yang sama.

C. Windows Phone

OS Windows Phone merupakan perangkat sistem yang di kembangkan oleh Microsoft. Berbeda dengan Android yang sangat laris manis di pasaran, Windows Phone bisa di bilang sepi peminat. Sempat mencapai penjualan yang cukup memuaskan dengan Nokia Lumia tetapi untuk populitasnya masih di bawah Android dan iOS. Berbeda dengan Android yang open source yang bisa membuat keamanan OS terancam, Windows Phone terasa lebih aman karena sampai saat ini belum ada malware yang mampu menembus keamanannya sehingga data ponsel lebih terlindungi.

8. Kelebihan dan Kekurangan Sistem Oprasi Mobile

A. Kelebihan dan kekurangan Windows Phone :

Kelebihan

  • UI sangat nyaman dan Menarik
  • Grafis saat bermain game sangat memukai
  • Tidak Boros RAM untuk men tile smua apps di Menu atau di belakang layar
  • Bermain Game sangat lancar dengan GPU adreno walau Ram Cuma 512Mb
  • Kualitas Audio Yang Fantastic dengan Dolby Digital saat menggunakan Headset
  • Game Game dengan Grafis Memukau Mampu berjalan dengan RAM 512
  • Kualitas Jaringan Sangat Baik saat digunakan karena didukung Prosesor Qualcomm
  • Kecepatan Charging Hingga Full Cuma 1 Jam kurang lebih dengan Teknologi Qualcomm Snapdragon
  • Harga Relatif Murah dengan Spek StandarKekurangan
  • Baterai Boros terhadap game game dengan Grafis Bagus
  • Aplikasi Berbayar
  • Banyak Iklan di Aplikasi Trial
  • Agak RIbet untuk pengguna Baru
  • Aksesories ORI Yang Mahal

B. Kelebihan dan Kekurangan Sistem Oprasi Android

Kelebihan

  • User Friendly – Kalimat ini sangat melekat pada sistem operasi Windows miliknya microsoft, ibaratnya kita dengan sangat mudah mengoprasikan komputer hanya dengan belajar beberapa hari bahkan beberapa jam saja, dan ini juga melekat pada Android yang berjalan pada Smartphone.
  • Notifications – Anda dengan sangat mudah mendapatkan notifikasi dari smartphone android dengan mengatur beberapa akun Email, SMS , Voice Dial, Update dan lain sebagainya.
  • Tampilan – Dari segi tampilan, Android tidak kalah bagusnya dari iOs miliknya Apple, karena memang dari awal android hampir mengusung teknologi iOs, hanya saja ini versi murahnya.
  • Open Source – Operating system ini memang dibuat open source oleh penciptanya, karena memang berbasis kernel Linux. Jadi jangan kaget jika diluar sana ada banyak sekali Custom Rom untuk masing-masing perangkat android.
  • Aplikasi – Untuk Aplikasi anda akan disajikan jutaan pilihan aplikasi yang menarik dari yang gratis hingga berbayar, dan anda bisa mendownloadnya di Google Play, siapa lagi kalau bukan miliknya Mbah Google.
  • Dll – Dan masih banyak lagi kelebihan dan fitur yang dimiliki Android, dan anda bisa mengembangkannya sesuai dengan keinginan anda, karena Sistem operasi ini Open Source dan User FriendlyKekurangan
  • Update System – Seperti atikel saya disini » Cara Upgrade Os Android « untuk melakukan update system tidaklah mudah, anda harus menunggu dari masing-masing Vendor untuk merilis Update Versi yang terbaru. Tentu ini sangat tidak menyenangkan.
  • Batterai Cepat Habis – Ini sering terjadi jika anda menyalakan paket data dan menggunakan widget serta aplikasi yang berjalan secara berlebihan, untuk mengatasinya anda harus mengurangi aktivitas aplikasi pada smartphone anda.
  • Lemot atau Lag – Sebenarnya kalau ini ada kaitannya dengan spesifikasi dari masing-masing perangkat, namun ada kalanya Android ini tidak bersahabat dengan beberapa aplikasi dikarenakan Ram ataupun Prosesornya yang kurang memadai, jadi sesuaikan aplikasi dengan perangkatnya.
  • Boros Memory – Untuk menjalankan Aplikasi di Belakang Layar Android sangat boros mampu menggunakan RAM hingga tersisa 40Mb jika Aplikasi di jalankan seperti BBM,Whatssapp Fb dan aplikais yang berjalan di belakang layar.

C. Kelebihan dan kekurangan Apple iOS

Kelebihan:

  • Jumlah Aplikasi dan games terbanyak dibanding OS smartphone lain.
  • Punya kontrol ketat terhadap kualitas aplikasi yang ada di apps store.
  • Performa & kualitas menjalankan aplikasi/games lebih bagus dibanding smartphone dengan OS lainnya.
  • Device-device lama bisa mendapat update OS walau secara hardware jauh tertinggal.
  • Pelopor could computing (media penyimpanan data secara online).
  • Garansi device internasional
  • Harga jual kembali lebih stabil.Kekurangan:
  • Harga devicenya lebih mahal.
  • Media konektifitas seperti bluetooth & wifi sharing terbatas hanya untuk sesama perangkat iOS (bisa diakali dengan cara membeli aplikasi di apps store).
  • Aplikasi-aplikasi tertentu banyak terdapat versi berbayar/trial (bisa diakali dengan jailbreak dan dapat memasang aplikasi bajakan).
  • Harus terkoneksi dengan iTunes jika ingin share media file dengan PC atau Notebook.
  • Tidak ada slot micro SD dan baterai sudah built in ( tidak bisa dicopot).

9. Pengembangan Aplikasi

Pengembangan aplikasi mobile adalah proses dimana perangkat lunak aplikasi yang dikembangkan untuk perangkat genggam-daya rendah, seperti PDA (Personal Data Asisten/Tablet),  atau telepon genggam/handphone yang mana aplikasi ini dapat re-instal pada ponsel selama masih dalam operasi, didownload oleh pelanggan dari berbagai platform pada perangkat lunak ponsel, atau sebagai aplikasi web menggunakan sistem server-side atau pengolahan sisi-klien (misalnya JavaScript) bagi aplikasi yang support dalam Web browser.

Aplikasi pengembang perangkat lunak juga harus mempertimbangkan kualitas graphics pernagkatnya, spesifikasi hardware dan konfigurasi karena persaingan yang ketat dalam perangkat lunak mobile akan mempengaruhi sisi perangkat kerasnya juga.

Marilah kita lihat sisi ruang lingkup dalam Sistem Operasinya.

A. Ruang Lingkup dan Eksekusi

BeberapaSistem Operasi yang digunakan untuk perangkat Mobile seperti : iOS, Tizen, Android, BlackBerry, WebOS, OS Symbian, dan Windows Mobile dukungan binari aplikasi khas seperti yang ditemukan pada komputer pribadi dengan kode yang mengeksekusi dalam format mesin asli prosesor (arsitektur ARM adalah desain yang dominan digunakan pada banyak model-model terbaru ). Windows Mobile juga dapat dikompilasi untuk executable x86 untuk debugging pada PC tanpa emulator prosesor, dan juga mendukung Portable Executable (PE) format yang terkait dengan. NET Framework. Windows Mobile, Android, WebOS HP dan iOS menawarkan SDK gratis dan lingkungan pengembangan terintegrasi untuk pengembang.

B. Lingkungan platform pengembanganan

Masing-masing platform untuk aplikasi mobile juga memiliki lingkungan pengembangan terintegrasi, yang menyediakan alat untuk memungkinkan pengembang untuk menulis, menguji dan menyebarkan aplikasi ke dalam lingkungan platform target.

File Presentasi Bisa di Download disini PEMROGRAMAN MOBILE

Sumber Referensi

  • http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/01_PengenalanPemrogramanMobile.pdf
  • http://yuliaschromeromance.blogspot.co.id/2014/08/penjelasan-tentang-pemrograman-mobile.html
  • https://simpay.wordpress.com/2013/07/06/sistem-operasi-perangkat-komputasi-bergerak/
  • https://developer.android.com/studio/intro/index.html?hl=id
  • http://pondokaplikasi.blogspot.co.id/2016/04/memilih-ide-lingkungan-pengembangan.html
  • http://ilmu-informatika-kita.blogspot.co.id/2013/01/software-development-adalah-salahsatu.html
  • http://www.sistemoperasikomputer.com/2013/04/arsitektur-sistem-operasi.html?m=0
  • http://www.seputarit.com/macam-macam-sistem-operasi-mobile-smartphone.html
  • http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/teknologi-informasi/825-arsitektur-sistem-operasi-android
  • http://www.seputarit.com/macam-macam-sistem-operasi-mobile-smartphone.html
  • http://rizqymobile.com/artikel-18-perbedaan-sistem-operasi-pada-smartphone.html
  • https://techno.okezone.com/read/2015/04/22/207/1138475/keunggulan-kelemahan-android-ios-serta-windows-phone-2-habis
  • https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://rtigame.files.wordpress.com/2015/09/09-pengembangan-aplikasi-mobile.pptx&ved=0ahUKEwjWrqXgx-3WAhVEi5QKHSjcB-0QFggoMAE&usg=AOvVaw3O_e0_BxjZYbH83dgGJFET
  • http://ensyclo.blogspot.co.id/2014/11/perbandingan-sistem-operasi-mobile.html