KELOMPOK 3
Calvin Hartono (16.11.0100)
Fadila Aktar Ziyadi (16.11.0079)
Muhammad Yunus (16.11.0076)
Rayhan Shaquelle Oriwardanu S. (16.11.0090)
Mei Indiani (16.11.0097)
Muhammad Fahrul Rozy. (16.11.0107)
Moch Mugni Labib (16.11.0123)
Wahyu Suseno. (16.11.0132)
M.I.Zulkifli Nurul ‘Ilmi(16.11.0134)
Bachtiar Andi Winata. (16.11.0135)
Fadil(16.11.0136)
KELAS TI 16 S
———————————————————————————————————————
PERTEMUAN 5
MATERI YANG AKAN DIBAHAS:
- Pengertian activity
- Siklus hidup activity
- memulai activity dengan/tanpa mengirim data
- pindah antar activity
- Pengertian intent
- implisit intent
- explisit intent
———————————————————————————————————————
Activity
Pengertian Activity
Sebuah komponen aplikasi android yang berfungsi menghasilkan suatu tampilan layar di mana user dapat melakukan interaksi (seperti menekan tombol, mengisi teks, mengetuk layar, menggeser layar).
- pada umumnya sebuah aplikasi memiliki beberapa activity.
- pada kebanyakan kasus, sebuah activity akan dijadikan sebagai yang utama di mana dapat diakses oleh berbagai level dari launcher (mungkin terdapat lebih dari 1 level).
- menjalankan sebuah activity yang baru menyebabkan activity sebelumnya menjadi terhenti dan meletakkan sebuah activity yang baru pada stack.
- menutup sebuah activity (semisal dengan menekan tombol Back) menyebabkan suatu activity akan dikeluarkan dari stack.
Siklus Hidup Activitty
Activity adalah suatu kelas yang disediakan oleh Android guna mengimplementasikan siklus hidup suatu kelas-kelas pada suatu aplikasi. Oleh karena itu, kelas Activity wajib diturunkan ke kelas-kelas lain pada aplikasi. Jika kalian masih bingung dengan konsep kelas dan keturunan (inherintance), sebaiknya kalian belajar mengenai bahasa pemograman Java terlebih dahulu karena sesungguhnya pemograman Android berangkat dari bahasa pemograman Java. Berikut ilustrasi di dalam kode pemograman
Nama kelas yang kita inisiasi adalah StartingPoint yang berada dalam package bernama com.thenewboston.travis. Package adalah suatu pembungkus atau suatu kemasan yang berisi banyak kelas-kelas. Setelah Activity menurunkan sifat-sifatnya atau dengan kata lain setelah StartingPoint melakukan extends kepada kelas Activity, maka siklus di atas berlaku pula pada kelas StartingPoint. Siklus sesungguhnya berisi dengan masing-masing state yang sebenarnya adalah suatu method yang dimiliki kelas activity .Berikut penjelasan pada masing-masing state :
- onCreate()
Method ini dipanggil ketika activity pertama kali dibuat
- onStart()
Method ini dipanggil ketika sebuah activity tampil ke pengguna
- onResume()
Method ini dipanggil ketika activity yang berjalan pada saat itu dihentikan sementara (paused) dan activity sebelumnya dijalankan kembali(resumed). (Hasil dari method OnRestart())
- onFreeze()
Method ini dipanggil ketika activity berada dalam keadaan freeze atau tidak merespon akibat sedang sibuk mengerjakan task tertentu pada sistem
- onPause()
Method ini dipanggil ketika activity di hentikan sementara (pause) dan berikutnya ketika dijalankan kembali akan berada dalam posisi resume dan memanggil method OnResume()
- onStop()
Method ini dipanggil ketika activity tidak lagi tampak kepada pengguna
- onDestroy()
Method ini dipanggil sebelum activity dihancurkan (destroy) oleh sistem (baik secara manual maupun untuk kepentingan pelonggaran memori
- onRestart()
Method ini dipanggil ketika acitivity dijalankan kembali setelah state Stop
Pada state di atas, kita bebas mendefenisikan method-method terkait seperti contoh pada state start, kita dapat mendefenisikan suatu Splash screen sehingga saat aplikasi baru dimulai, akan menampilkan suatu gambar terlebih dahulu disertai dengan musik lalu masuk ke aplikasi utama. Siklus di atas pun berlangsung terus menerus hingga aplikasi atau activity akhirnya di terminasi.
Memulai activity dengan/tanpa mengirim data
Bundle itu berperan sebagai sebuah bungkusan, yang berisi data kita di dalamnya. Kita memasukkan data yang ingin kita kirim ke dalam sebuah Bundle, dan disertai key untuk menandai data yang mana pada saat pengambilan data. Kemudian baru setelah itu kita kirimkan Bundle tersebut ke Activity lain menggunakan Intent.
Keuntungan mengirim data lewat Bundle adalah, data lebih rapi dan terstruktur karena sebelumnya dikemas di dalam Bundle terlebih dahulu, sebelum dikirim.
Pindah antar Activity
Activity A membuat Intent untuk melakukan sebuah Action dengan data object yang ada.
Sistem Android akan mencari aplikasi yang cocok Berdasarkan Intent filter
Activity pada aplikasi yang cocok akan ditampilkan.
Intent
Intent adalah mekanisme untuk melakukan Action pada komponen dalam satu aplikasi yang sama maupun aplikasi lain. Pemanfaatannya sebagai berikut :
Untuk berpindah halaman dari satu Activity ke Activity lain dengan atau tanpa data
Untuk menjalankan background Service misal dibutuhkan sebuah proses service untuk mengambil lokasi pengguna, download file atau sikronisasi ke server
Untuk menyampaikan sebuah objek dari komponen Broadcast misal jika ingin mengetahui jika device Android sudah selesai booting setelah diaktifkan
Implisit Intent
Implisit Intent adalah sesuatu yang dari Activity ke Inbuilt Activity di android.Data biasanya dinyatakan sebagai Uri yang dapat mewakili gambar di galeri atau orang di database kontak. Jumlah aplikasi yang dapat dilakukan menggunakan intent implisit banyak. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:
Panggilan,Tombol,nomor Kontak,Browser,Laporan panggilan,Galeri,Kamera.
Eksplicit Intent
Eksplicit Intent adalah menentukan komponen yang akan dipanggil dari Activity. Dengan kata lain, kita dapat memanggil Activity lain di android dengan maksud Eksplisit. Misal : mengaktifkan dial phone pada aplikasi Telp, mengaktifkan driving direction pada Google Maps atau mengirimkan pesan via Gmail, sms atau aplikasi lainnya.
Link PowerPoint : kel3 materi 8