PMO2-TI16S-P2-Pengenalan Dasar Fungsi SD Card dan Penggunaan Melelui Aplikasi-Danang Aldy Kurniawan

Kelompok 4

Dani Khoirul Wafa             16.11.0267

Doni Damara                     16.11.0199

Adiftian Al Azizi                  16.11.0202

Mandra Pradita Cahyani    16.11.0212

Charir Maulana Achsan      16.11.0217

Bagus Anjas P                    16.11.0221

Esa Rizki Anandrian          16.11.0248

Danang Aldy Kurniawan    16.11.0267

Luky Sufra Alfarizi            16.11.0272

Tri Mardianto                     16.11.0276

Agia Hana Lestari               16.11.0282

 

 

KELAS TI 16 S

———————————————————————————————————————

PERTEMUAN 2

Materi yang akan dibahas :

Pengenalan Dasar Fungsi SD Card dan Penggunaan Melelui Aplikasi

  • External Storage / SD Card pada perangkat bergerak
  • Jenis-jenis External Storage / SD Card.
  • SD Card pada Android Emulator Device(AVD).
  • Project sederhana Perangkat mobile
  • Pengembangan aplikasi mobile

 

  1. EXTERNAL STORAGE PADA PERANGKAT BERGERAK

Setiap perangkat yang kompatibel dengan sistem operasi Android harus mendukung media penyimpanan eksternal yang dapat digunakan untuk menyimpan file. Media penyimpanan ini bisa menjadi media penyimpanan yang removable, sperti kartu Secure Digital (SD), atau penyimpanan internal yang bersifat non-removable. File yang disimpan dalam media penyimpanan eksternal dapat dibaca dan dapat dimodifikasi oleh pengguna ketika men-transfer file dengan menggunakan komputer dengan sebuah data USB, sebagai sebuah peranti mass USB strorage.

Selain itu, tidak ada sistem keamanan yang diberlakukan pada file yang disimpan ke dalam media penyimpanan eksternal. Semua aplikasi dapat membaca dan menulis file ditempatkan pada media penyimpanan eksternal dan pengguna juga dapat menghapusnya.

Sebelum membaca atau menulis file dari dan ke dalam media penyimpanan eksternal, terlebih dahulu program harus memeriksa ketersediaan media, karena terdapat kemungkinan bahwa pengguna tidak memasukkan kartu SD ke dalam slotnya. Selain itu, sebelum memulai operasi baca tulis, terlebih dahulu cek status dari media penyimpanan eksternal memalui method getExternalStorageState(), karena terdapat kemungkinan pula media tersebut sedang terhubung dengan komputer, tidak terpasang, terproteksi oleh switchread-only, atau beberapa hal diluar kejadian normal lainnya.

Letak mount-point dari media penyimpanan eksternal dapat diperoleh melalui method getExternalStorageDirectory(), karena tidak selalu media penyimpanan eksternal terletak didalam direktori /sdcard/.

 

  1. Jenis-jenis SD card

Secara umum, terdapat tiga jenis SD card yang saat ini bisa anda dapatkan di pasaran, yaitu SDSC, SDHC, dan SDXC. Perbedaannya terdapat pada format file system bawaan yang digunakan, serta kapasitas maksimum tiap jenis kartu.

  • SDSC (Secure Digital Standard Capacity) adalah tipe SD card paling awal. Tipe ini memiliki kapasitas maksimal 4 GB dan menggunakan file system FAT16.
  • SDHC (Secure Digital High Capacity) diluncurkan pada tahun 2006, dan mengusung kapasitas maksimal 32 GB serta file system FAT32.
  • SDXC (Secure Digital eXtended Capacity) adalah versi terbaru yang menggunakan file system exFAT, dengan kapasitas hingga 2 TB.

 

speed class dan UHS

Speed class rating membagi SD card berdasarkan kecepatan transfer data minimum (bukan maksimum) yang bisa dilakukannya. SD card Class 2 artinya kartu tersebut memiliki kecepatan transfer minimum 2 MB/s, Class 6 artinya 6 MB/s, dan seterusnya.

Perangkat elektronik berbeda membutuhkan kecepatan transfer data yang berbeda pula. Ini terutama sangat berpengaruh dalam dunia kamera. Bila anda ingin merekam video dengan kualitas HD (720p), sebaiknya anda menggunakan SD card Class 6 ke atas. Untuk merekam dalam resolusi Full HD (1080p), anda perlu setidaknya Class 10.

Di atas Class 10, SD card menerapkan standar transfer data yang disebut UHS (Ultra High Speed). Satu tingkatan UHS setara dengan 10 MB/s, jadi bila kamu membeli SD card yang bertuliskan “UHS Class 3”, artinya SD card tersebut memiliki kecepatan transfer data minimal sebesar 30 MB/s. Kecepatan tinggi seperti ini akan kamu butuhkan bila hendak merekam video 4K dengan kualitas 120 fps.

  1. SD Card pada Android Emulator Device(AVD)

 

Android Virtual Device (AVD) memungkinkan untuk mendefinisikan karakteristik dari ponsel Android, tablet, Android Wear, atau perangkat Android TV yang ingin disimulasikan di Android Emulator. AVD Manager memudahkan Anda dalam membuat dan mengelola AVD.

AVD Manager membantu Anda memilih citra sistem untuk AVD dengan memberikan rekomendasi. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengunduh citra sistem, beberapa dengan pustaka pengaya, seperti Google API, yang mungkin diperlukan oleh aplikasi. Perhatikan bahwa citra sistem x86 berjalan paling cepat di emulator.

Setiap AVD terdiri dari :

  1. sebuah profil perangkat keras. dapat diatur opsi untuk menentukan fitur hardware emulator.
  2. sebuah pemetaan versi android. Menentukan versi dari platform Android akan berjalan pada emulator.
  3. Menentukan skin yang ingin di gunakan pada emulator, yang memungkinkan untuk menentukan dimensi layar, tampilan, dan sebagainya. Selain itu kita juga dapat menentukan SD Card virtual untuk digunakan dengan di emulator.

LINK PERTEMUAN 2 PPT : RPS 2 – Kelompok 4

LINK PERTEMUAN 2 WORD : RPS 2 – Kelompok 4

LINK PROJEK :  https://drive.google.com/file/d/18wekg774oeIp8tO7GezcCO1QtC6pmF8v/view?usp=sharing