PERTEMUAN 1
PEMROGRAMAN MOBILE 2
Konsep Dasar Desain UI Android
Disusun Oleh Kelompok 2 dengan anggota :
16.11.0137 Untung Nur Khifni
16.11.0117 Ade Putra Praditya
16.11.0118 Ahmad
16.11.0164 Desi Putri Pratiwi
16.11.0123 Moch Mugni Labib
16.11.0133 Ridho Santoso Handoyo
16.11.0134 M.I.Zulkifli Nurul ‘Ilmi
16.11.0142 Yusup Efendi
16.11.0146 Yanuar Arviansyah
16.11.0160 Zidni Mujib
16.11.0165 Rafli Husain Kurniawan
STMIK AMIKOM PURWOKERTO
2018/2019
1. Desain UI
User Interface merupakan bentuk tampilan grafis yang menghubungkan langsung antara komputer dengan pengguna (User) sehinga memudahkan pengoprasian dari perangkat tersebut. Dengan kata lain, User interface atau UI merupakan desain tampilan padaa sebuah perangkat yang di milik oleh smart phone, tablet dan lain sejenisnya, biasanya orang awam menyebutnya sebagai tema.
Sebuah desain UI yang baik meliputi :
- Multi Bahasa
Multi Bahasa adalah Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mengembangkan aplikasi android adalah penggunaan bahasa di dalam nya. Penggunaan Multi Bahasa dapat mempermudah pemahaman dan menambah user experience terhadap user dengan menyesuaikan Bahasa sesuai dengan Bahasa mereka masing – masing.
- Multi Layar
Multi Layar pada android salah satunya adalah layout pada setiap komponen – komponen aplikasi dapat digunakan pada bermacam-macam ukuran layar (4”, 5”, 5.5”, dll).
- Konsep Multi Layar
Ukuran layar
Ukuran fisik sesungguhnya, yang diukur sebagai diagonal layar.Untuk penyederhanaan, Android mengelompokkan semua ukuran layar sesungguhnya ke dalam empat ukuran umum: kecil, normal, besar, dan ekstra besar.
Kepadatan layar
Jumlah piksel dalam area fisik layar; biasa disebut sebagai dpi (dot per inci). Misalnya, layar berkepadatan “rendah” memiliki piksel lebih sedikit dalam area fisik yang diberikan, dibandingkan layar berkepadatan “normal” atau “tinggi”.
Untuk penyederhanaan, Android mengelompokkan semua kepadatan layar sesungguhnya ke dalam enam kepadatan umum: rendah, medium, tinggi, ekstra-tinggi, ekstra-ekstra-tinggi, dan ekstra-ekstra-ekstra-tinggi.
Orientasi
Orientasi layar dari sudut pandang pengguna. Orientasi ini bisa berupa lanskap atau potret, berarti masing-masing rasio aspek layar bisa berupa melebar atau meninggi. Ketahuilah bahwa secara default tidak hanya melakukan pengoperasian perangkat berbeda dalam orientasi berbeda, melainkan orientasi bisa berubah pada waktu proses bila pengguna memutar perangkat.
Resolusi
Total jumlah piksel fisik di layar. Saat menambahkan dukungan untuk multilayar, aplikasi tidak menangani resolusi secara langsung; aplikasi hanya perlu memperhatikan ukuran dan kepadatan layar, sebagaimana ditetapkan oleh kelompok kepadatan dan ukuran umum.
Piksel berkepadatan independen (dp)
Satuan piksel virtual yang harus Anda gunakan saat mendefinisikan layout UI, untuk menyatakan dimensi layout atau posisi dengan cara yang tidak bergantung pada kepadatan.
Piksel berkepadatan independen sama dengan satu piksel fisik pada layar 160 dpi, yang merupakan kepadatan patokan yang diasumsikan oleh sistem untuk layar kepadatan “medium”. Pada waktu proses, sistem secara transparan menangani penskalaan satuan dp, bila diperlukan, berdasarkan kepadatan sesungguhnya dari layar yang digunakan. Konversi satuan dp ke piksel layar adalah sederhana:px = dp * (dpi / 160). Misalnya, pada layar 240 dpi, 1 dp sama dengan 1,5 piksel fisik. Anda harus selalu menggunakan satuan dp saat mendefinisikan UI aplikasi Anda untuk memastikan UI Anda ditampilkan dengan benar di layar yang memiliki kepadatan berbeda.
- Cara meng-aplikasikan Multi Layar pada Android
- Desain Responsif
Desain Responsif adalah UI yang kita buat bisa menyesuaikan dengan ukuran layar yang ada dan tidak mengubah posisi dari content content yang ada.
Sumber :
https://techijau.com/user-interface-adalah/
https://developer.android.com/training/basics/supporting-devices/languages?hl=id
https://developer.android.com/guide/practices/screens_support?hl=id
https://www.wildantechnoart.net/2017/09/mendesain-ui-untuk-beberapa-layar-yang-berbeda.html
https://www.okedroid.com/2016/10/tips-cara-membuat-landscape-layout-di-project-android-studio.html
https://medium.com/@ocittwo/membuat-multi-bahasa-di-aplikasi-android-kamu-d1cecf130abb
https://www.dewaweb.com/blog/user-interface/
https://www.okedroid.com/2015/12/cara-membuat-aplikasi-android-support-multi-language.html
http://Download Link Power Point -> download PPT
http://hirupmotekar.com/wp-content/uploads/2018/10/Pertemuan-1_Kelompok-2-1.docx -> downlaod Word
https://drive.google.com/open?id=18MZLLTmMnKDD9CNV4Bbpz4y5JF2xpcXU -> download Project