TBI18-TI15B-P4-MODEL BOOLEAN DAN ADVANCED BOOLEAN-EDI SUPRIYONO

MODEL BOOLEAN DAN ADVANCED BOOLEAN

A. Model Boolean

Model Boolean dalam sistem temu kembali merupakan model yang paling sederhana. Model ini berdasarkan teori himpunan dan aljabar Boolean. Dokumen adalah himpunan dari istilah (term) dan kueri adalah pernyataan Boolean yang ditulis pada term. Dokumen diprediksi apakah relevan atau tidak. Model ini menggunakan operator boolean. Istilah (term) dalam sebuah kueri dihubungkan dengan menggunakan operator AND, OR atau NOT. Metode ini merupakan metode yang paling sering digunakan pada`mesin penelusur (search  engine) karena kecepatannya.

Keuntungan menggunakan model Boolean :

  • Model Boolean merupakan model sederhana yang menggunakan teori dasar himpunan sehingga mudah diimplementasikan.
  • Model Boolean dapat diperluas dengan menggunakan proximity operator dan wildcard operator.
  • Adanya pertimbangan biaya untuk mengubah software dan struktur database, terutama pada sistem komersil.

Kerugian menggunakan Model boolean :

  • Model Boolean tidak menggunakan peringkat  dokumen yang terambil. Dokumen yang terambil hanya dokumen yang benar-benar sesuai dengan pernyataan boolean/kueri yang diberikan Sehingga dokumen yang terambil bisa sangat banyak atau bisa sedikit. Akibatnya ada kesulitan dalam mengambil keputusan.
  • Teori himpunan memang mudah, namun tidak demikian halnya dengan pernyataan Boolean yang bisa kompleks. Akibatnya pengguna harus memiliki pengetahuan banyak mengenai kueri dengan boolean agar pencarian menjadi efisien.
  • Tidak bisa menyelesaikan partial matching pada kueri

Untuk mengatasi masalah ini, maka dikembangkan operasi pembobotan dokumen berdasarkan frekuensi kemunculan istilah (term) pada dokumen tersebut. Model Boolean juga dikombinasikan dengan content based navigation dengan menggunakan konsep lattice, dimana shared term dari dokumen yang terambil sebelumnya digunakan untuk memperbaiki dan mengexpand kueri.

Dalam pengerjaan operator boolean (AND, NOT, OR) ada urutan pengerjaannya (Operator precedence). Urutannya adalah:
–() à Prioritas yang berada dalam tanda kurung
–NOT
–AND
–OR

 

Model Boolean dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Model Himpunan Fuzzy

Misalkan U adalah himpunan semesta. Fuzzy subset dari U dikarakteristikkan dengan fungsi keanggotaan (membership function) mA, dimana :

μA : U → [0,1]

setiap uÎU dipetakan kedalam nilai biner [0,1], atau μA : U → [0,1]. Dengan demikian setiap elemen diberikan nilai biner yang mengindikasikan nilai keanggotaan elemen didalam himpunan.

Pada sistem temu kembali, model himpunan fuzzy merupakan perluasan dari model Boolean retrieval. Ada beberapa perluasan yang diperoleh dengan menggunakan model himpunan fuzzy :

Partially matching, berdasarkan term-term correlation matrix

Direpresentasikan seperti thesaurus

Melakukan perhitungan berdasarkan perbandingan antara dokumen yang mengandung pasangan term (pair of terms) dengan jumlah dokumen yang mengandung term tersebut.

  1. Model Extended Boolean

Prinsip utama dari teknik Extended Boolean adalah :

Dokumen direpresentasikan dalam ruang term berdimensi n

Koordinat x, y dan z ditentukan dengan menggunakan bobot term

Tergantung pada conjunction atau disjunction :
i. Menentukan vektor jarak dari (0,0)
ii. Menentukan vektor jarak dari (1,0)
iii. Menggunakan konsep p-norm
iv. Perluasan karakteristik dari extended boolean
v. Menghitung jarak.

koding sederhana php:

output:

1

1

flowchart:

B. Advanced Boolean

Advanced Boolean merupakan metode untuk membuat pencarian lanjutan yang lebih kompleks sehingga dapat menyempurnakan hasil pencarian.

Caranya dengan menambahkan tanda kurung. Contoh :

  • Mencari pengambil keputusan di bidang penjualan atau pemasaran. Kemudian, pernyataan grup akan terlihat seperti ini: (pemasaran ATAU penjualan). Dalam hal ini, Anda akan mencari siapa pun yang memiliki latar belakang pemasaran atau penjualan.
  • jika Anda menggabungkan ini dengan (manajer ATAU sutradara ATAU VP), Anda akan menemukan kombinasi orang pada tingkat yang berbeda ini.Jadi, apa langkah selanjutnya? Ini menciptakan kombinasi dari keduanya: (pemasaran ATAU penjualan) DAN (manajer ATAU direktur ATAU VP). Jika Anda mengetikkan string pencarian ini di bidang Judul dalam pencarian lanjutan LinkedIn, hasil Anda akan memiliki orang-orang yang merupakan manajer pemasaran, manajer penjualan, direktur pemasaran atau direktur penjualan. Juga VP penjualan dan VP pemasaran disertakan. Jika Anda berpikir ini semua, pikirkan lagi! Ini juga termasuk manajer penjualan dan pemasaran atau VP penjualan dan pemasaran dan beberapa kemudian. Anda lihat, Anda mendapatkan lebih banyak hasil daripada hanya mengetik di judul terpisah!

 

FILE PRESENTASI: DOWNLOAD

Sumber:

https://putuandreaswaranu.wordpress.com/2015/03/10/pemodelan-sistem-temu-kembali-informasi-boolean/

http://zero-fisip.web.unair.ac.id/artikel_detail-68838-Digilib-Digilib:%20Sistem%20Temu%20Kembali%20Informasi.html

http://www.how-to-really-use-linkedin.com/linkedin-tips/advanced-boolean-searches/