PMO Pertemuan 9 – Location Based Service

Android Location BASED SERVICE

Pengertian Location Based Service

Location Based Service adalah suatu sistem yang menyediakan layanan yang mempunyai lokasi geografis sehingga bisa kita lihat di peta. Dan salah satu sumber data geografis tersebut yang saat ini sangat mudah kita dapatkan adalah berupa koordinat lokasi yang diambil dari smartphone kita.

Android mempunyai dua macam jenis lokasi sendiri, yaitu coarse-location dan fine-location. Lokasi coarse/kasar adalah lokasi user yang ditentukan lewat BTS terdekat, mempunyai presisi yang tidak akurat, namun hemat baterai. Sedangkan lokasi fine-location/lokasi halus, adalah lokasi user yang didapatkan melalui GPS yang sekarang sudah umum ada di perangkat Android. Fine-location mempunyai presisi yang lebih tinggi, namun boros baterai.

Pada Android, penentuan lokasi ini semua diatur oleh sebuah kelas yang bernama LocationManager, jadi location manager-lah yang akan menentukan kapan kita harus memakai fine-location, atau coarse-location apabila suatu saat GPS dimatikan. Location Manager juga secara otomatis akan mendeteksi perubahan lokasi yang terjadi, karena dia mempunyai semacam listener class yang bernama LocationListenerKelas itulah yang akan memantau semua event, seperti perubahan lokasi, provider berubah, dan akan menyesuaikan pendeteksian lokasi sesuai dengan keadaan yang ada.

 

Sumber

Membuat Aplikasi Location Based Services di Android Menggunakan Maps API v2