PMO Pertemuan 9 : Layanan Location Based Services

Pengertian Location Based Services (LBS)

Location Based Service (LBS) atau layanan berbasis lokasi merupakan layanan informasi yang memanfaatkan kemampuan untuk menggunakan informasi lokasi dari perangkat bergerak dan dapat diakses dengan perangkat bergerak melalui jaringan telekomunikasi bergerak.

 

Sebuah aplikasi LBS minimal harus mempunyai kemampuan untuk :

  • Dapat mengetahui koordinat posisi kita
  • Punya bank data atau dapat mengakses bank data yang menyimpan data koordinat lokasi dan informasi mengenai lokasi tersebut.
  • Dapat Menghitung jarak antara posisi kita dengan sebuah lokasi.
  • Dapat Menampilkannya menjadi informasi yang bisa dibaca user contohnya kedalam Map (Google Map).

 

Unsur LBS

  1. Location Manager (API Maps):

Menyediakan perangkat bagi sumber atau source untuk LBS, Application Programming Interface (API) Mpas menyediakan fasilitas untuk menampilkan atau memanipulasi peta.

  1. Location Providers (Api Location):

Menyediakan teknologi pencarian lokasi yang digunakan oleh perangkat. API Location berhubungan dengan data GPS (Global Positioning System ) dan data lokasi real-time.

 

Komponen LBS

  1. Mobile Devices

merupakaan suatu alat yang digunakan oleh pengguna untuk meminta informasi yang dibutuhkan. Informasi dapat diberikan dalam bentuk suara, gambar, dan text.

  1. Communication Network

komponen ini mengirim data pengguna dan informasi yang diminta dari Mobile terminal ke Service Provider kemudian mengirimkan kembali informasi yang diminta ke pengguna. Communication network dapat berupajaringan seluler (GSM, CDMA), Wireless Local Area Network (WLAN), atau Wireless Wide Area Network (WWAN).

  1. Positioning Component

digunakan untuk memproses suatu layanan maka posisi pengguna harus diketahui.

  1. Service and Aplication Provider.

penyedia layanan menawarkan berbagai macam layanan kepada pengguna dan bertanggungjawab untuk memproses informasi yang diminta oleh pengguna.

  1. Data and Content Provider

penyedia layanan tidak selalu menyimpan semua data yang dibutuhkan yang bisa diakses oleh pengguna. Untuk itu, data dapat diminta dari data dan content provider.

 

Mendaftar Maps API

Buka google_maps_api.xml pada package res/value, di google_maps_api.xml terdapat alamat untuk mengaktifkan Maps API, disini alamatnya adalah

https://console.developers.google.com/flows/enableapi?apiid=maps_android_backend&keyType=CLIENT_SIDE_ANDROID&r=9A:26:A8:E7:AC:4E:A5:61:F5:C8:1A:3C:1E:03:A2:71:79:DD:FB:29%3Bcom.example.triwidianto.map

Disini kita membuat kunci API

 

Buka kembali google_maps_api.xml pada package res/value di Android Studio, lalu masukan kode API key diantara <string name=”google_maps_key” templateMergeStrategy=”preserve” translatable=”false”> dan </string> menggantikan text YOUR_KEY_HERE, Hingga menjadi

Android.Manifests.xml

build.gradle(Module:app)

MapsActivity.java

 

 

Output

sumber :

http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:http://digilib.unila.ac.id/23259/3/SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf

https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/3520/Bab%202.pdf?sequence=7

 

untuk file presentasi dapat di download ppt LBS