PMO PERTEMUAN 8 ( TI 15 A) Android Database MYSQL WEB SERVICE

ANDROID DATABASE MYSQL

WEB SERVICE

KELOMPOK 3

 

Disusun Oleh :

  • Anggen Dias Restu Wardani (NIM.15.11.0229)
  • Dwi Yulianto K.W (NIM.15.11.0231)
  • Khoerul Umam (NIM.15.11.0241)
  • Reza Fadilah (NIM.15.11.0249)
  • Riyanuar Nugroho (NIM.15.11.0252)
  • Afrizal Rifai (NIM.15.11.0253)
  • Safki Fajar Fatmawan (NIM.15.11.0255)

Kelas : TI 2015 A Pemrograman

Program Studi Teknik Informatika

STMIK Amikom Purwokerto

Tahun Akademik 2017/2018

 

Pemograman Mobile

 

Pemograman mobile merupakan pemograman berbasis OOP didalam pemograman mobile memiliki struktur struktur yang sangat terkonsep terlebih bahasa android yang mulai berkembang secara pesat dengan adanya pemograman mobile ini diharapkan teman teman mampu mengimplentasikan kedalam bentuk syntak pada pemograman Android selain itu mahasiswa dapat mengembangkan aplikasi android berbasis OOP yang dapat menunjang tesis untuk tugas akhir (TA). Untuk itu kami sekolompok akan mengulas tentang seputar Pemograman Android mulai dari :

  1. Android Database Mysql Web ServiceWeb service adalah aplikasi sekumpulan data (database), perangkat lunak (software) atau bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara remote oleh berbagai piranti dengan sebuah perantara tertentu.  Secara umum,web service  dapat diidentifikasikan dengan menggunakan URL seperti hanya web pada umumnya. Namun yang membedakan web service dengan web pada umumnya adalah interaksi yang diberikan oleh web service. Berbeda dengan URL web pada umumnya, URL web service hanya menggandung kumpulan informasi, perintah, konfigurasi atau sintaks yang berguna membangun sebuah fungsi-fungsi tertentu dari aplikasi.Web service dapat diartikan juga sebuah metode pertukaran data, tanpa memperhatikan dimana sebuah database ditanamkan, dibuat dalam bahasa apa sebuah aplikasi yang mengkonsumsi data, dan di platform apa sebuah data itu dikonsumsi. Web service mampu menunjang interoperabilitas. Sehingga web service mampu menjadi sebuah jembatan penghubung antara berbagai sistem yang ada.Menurut W3C Web services Architecture Working Group pengertian Web service adalah sebuah sistem softwareyang di desain untuk mendukung interoperabilitas interaksi mesin ke mesin melalui sebuah jaringan. Interfaceweb service dideskripsikan dengan menggunakan format yang mampu diproses oleh mesin (khususnya WSDL). Sistem lain yang akan berinteraksi dengan web service hanya memerlukan SOAP, yang biasanya disampaikan dengan HTTP dan XML sehingga mempunyai korelasi dengan standar Web (Web Services Architecture Working Group, 2004).

    Web pada umumnya digunakan untuk melakukan respon dan request yang dilakukan antara client dan server. Sebagai contoh, seorang pengguna layanan web tertentu mengetikan alamat url web untuk membentuk sebuahrequest. Request akan sampai pada server, diolah dan kemudian disajikan dalam bentuk sebuah respon. Dengan singkat kata terjadilah hubungan client-server secara sederhana.

    Sedangkan pada web service hubungan antara client dan server tidak terjadi secara langsung. Hubungan antaraclient dan server dijembatani oleh file web service dalam format tertentu. Sehingga akses terhadap databaseakan ditanggani tidak secara langsung oleh server, melainkan melalui perantara yang disebut sebagai web service. Peran dari web service ini akan mempermudah distribusi sekaligus integrasi database yang tersebar di beberapa server sekaligus

  2. Pengertian Database MySQLMySQL adalah sistem manajemen database SQL yang bersifat Open Source dan paling populer saat ini. Sistem Database MySQL mendukung beberapa fitur seperti multithreaded, multi-user, dan SQL database managemen sistem (DBMS). Database ini dibuat untuk keperluan sistem database yang cepat, handal dan mudah digunakan.Ulf Micheal Widenius adalah penemu awal versi pertama MySQL yang kemudian pengembangan selanjutnya dilakukan oleh perusahaan MySQL AB. MySQL AB yang merupakan sebuah perusahaan komersial yang didirikan oleh para pengembang MySQL. MySQL sudah digunakan lebih dari 11 millar instalasi saat ini. Informasi-informasi terbaru mengenai MySQL dapat diperoleh dengan mengunjungi http://www.mysql.com/.
  3. Kelebihan MySQL

Berikut ni beberapa kelebihan MySQL sebagai database server antara lain :

  • Source MySQL dapat diperoleh dengan mudah dan gratis.
  • Sintaksnya lebih mudah dipahami dan tidak rumit.
  • Pengaksesan database dapat dilakukan dengan mudah.
  • MySQL merupakan program yang multithreaded, sehingga dapat dipasang pada server yang memiliki multiCPU.
  • Didukung programprogram umum seperti C, C++, Java, Perl, PHP, Python, dsb.
  • Bekerja pada berbagai platform. (tersedia berbagai versi untuk berbagai sistem operasi).
  • Memiliki jenis kolom yang cukup banyak sehingga memudahkan konfigurasi sistem database.
  • Memiliki sistem sekuriti yang cukup baik dengan verifikasi host.
  • Mendukung ODBC untuk sistem operasi Windows.
  • Mendukung record yang memiliki kolom dengan panjang tetap atau panjang bervariasi.

MySQL dan PHP merupakan sistem yang saling terintegrasi. Maksudnya adalah pembuatan database dengan menggunakan sintak PHP dapat di buat. Sedangkan input yang di masukkan melalui aplikasi web yang menggunakan script serverside seperti PHP dapat langsung dimasukkan ke database MySQL yang ada di server dan tentunya web tersebut berada di sebuah web server.

Android memiliki fasilitas untuk menyimpan data yaitu:

  • Shared preferences. Terdiri dari key dan value data. Model ini biasanya untuk menyimpan settingan (pengaturan) sebuah aplikasi.
  • File. Fasilitas ini juga dapat menyimpan data sama halnya dengan Shared Preferences, hanya saja data disimpan ke dalam bentuk file. Misalnya: txt, xml atau bentuk file lainnya
  • SQLite Database. Fasilitas ini cukup idel untuk menyimpan data yang lumayan banyak. Berbeda halnya dengan no 1 dan 2 di atas yang biasanya untuk menyimpan data yang sedikit seperti pengaturan. Dengan SQLite, kita dapat melakukan query dan table-table seperti halnya database pada umumnya.

Ketiga fasilitas di atas menyimpan data pada ponsel pengguna (client). Nah, bagaimana jika ingin data itu selalu update dan dapat mengaksesnya siapa saja dan dimana saja (anyone, anytime and anywhere)?. Itulah alasanya mengapa kita memerlukan sebuah server dalam hal ini MySQL.

 

Aplikasi yang akan kita bangun tergambar seperti berikut:

Android, PHP, MySQL

Berdasarkan gambar di atas, ponsel Android akan melakukan request (get/post) ke server melalui internet. Cara ini juga sama jika ingin aplikasi berada pada localhost. Selanjutnya web server (dalam hal ini PHP), akan memproses request dari Android dan akan melakukan query ke database (MySQL). Jadi, akan ada tiga hal yang harus kita lakukan:

Sumber :

 

Link Materi : PMO PERTEMUAN 8 ( TI 15 A) Android Database MYSQL WEB SERVICE

Link Presentasi : Presentasi PMO PERTEMUAN 8 ( TI 15 A) Android Database