PMO Pertemuan 10 Android Database MySQL

Pengertian MySQL

MySQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis. Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan MySQL, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam basisdata yang telah ada sebelumnya; SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian basisdata, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.

Kehandalan suatu sistem basisdata (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja pengoptimasi-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL yang dibuat oleh pengguna maupun program-program aplikasi yang memanfaatkannya. Sebagai peladen basis data, MySQL mendukung operasi basisdata transaksional maupun operasi basisdata non-transaksional. Pada modus operasi non-transaksional, MySQL dapat dikatakan unggul dalam hal unjuk kerja dibandingkan perangkat lunak peladen basisdata kompetitor lainnya. Namun demikian pada modus non-transaksional tidak ada jaminan atas reliabilitas terhadap data yang tersimpan, karenanya modus non-transaksional hanya cocok untuk jenis aplikasi yang tidak membutuhkan reliabilitas data seperti aplikasi blogging berbasis web (wordpress), CMS, dan sejenisnya.

Sumber : https://www.indosite.com/pengertian-mysql/

 

Web Service

Web service adalah aplikasi sekumpulan data (database), perangkat lunak (software) atau bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara remote oleh berbagai piranti dengan sebuah perantara tertentu. Secara umum,web service dapat diidentifikasikan dengan menggunakan URL seperti hanya web pada umumnya. Namun yang membedakan web service dengan web pada umumnya adalah interaksi yang diberikan oleh web service. Berbeda dengan URL web pada umumnya, URL web service hanya menggandung kumpulan informasi, perintah, konfigurasi atau sintaks yang berguna membangun sebuah fungsi-fungsi tertentu dari aplikasi.

 

Koneksi Android dan MySQL Operasi CRUD

CRUD (Create Read Update Delete) adalah sebuah sebuatan untuk aplikasi dimana pengguna dapat menambah, mengedit dan menghapus data. Aplikasi ini menggunakan floating action button untuk memanggil form biodata untuk menambah atau mengedit data. Semua data akan ditampilkan pada listview. Untuk mengedit atau menghapus data pengguna harus menekan lama salah satu data pada listview untuk menampilkan action edit atau delete.

 

koneksi.php = Sebagai koneksi aplikasi ke database:

$connect = mysql_connect($server, $user, $password) or die (“Koneksi gagal!”)

 

select.php = Untuk menampilkan semua data biodata.

$query = mysql_query(“SELECT * FROM biodata ORDER BY nama

 

insert.php = Untuk menambah data biodata ke database.

$query = mysql_query(“INSERT INTO biodata (id,nama,alamat) VALUES(0,'”.$nama.”‘,'”.$alamat.”‘)”);

 

edit.php

Untuk mengambil salah satu data biodata dari database sebagai parameter meng-update.

$query = mysql_query(“SELECT * FROM biodata WHERE id='”.$id.”‘”);

Sumber : http://ypi-alazami-cianjur.blogspot.co.id/2016/03/android-mysql-cara-koneksi-android-dan.html