PMO Pertemuan3 Komponen Aplikasi Android

1. KOMPONEN-KOMPONENAPLIKASI ANDROID

suatu bagian yang sangat penting dari suatu aplikasi Android karena dengan komponen-komponen inilah suatu aplikasi android dapat berjalan dengan baik.

Berikut ini adalah 4 komponen utama yang dapat digunakan dalam sebuah aplikasi Android:

Intent

Intent adalah sebuah pesan yang dapat mengizinkan sebuah aplikasi melakukan sesuatu sesuai intent tersebut. Contohnya: pada facebook Anda, activity yang sedang berjalan adalah News feed dan Anda ingin melihat sebuah gambar yang diposting teman Anda dalam full frame. Melakukan klik pada gambar tersebut akan mengaktifkan View Photo Intent sehingga gambar foto dalam full frame tersebut akan ditampilkan.

Services

komponen yang berjalan di background untuk melakukan operasi yang berjalan panjang, Contohnya: sebuah service dapat memainkan music di background sementara pengguna dalam aplikasi yang berbeda atau service dapat mengambil data dalam jaringan tanpa menghalangi interaksi user dengan sebuah activity.

Broadcast Receivers

Broadcast Receivers merespon terhadap pesan broadcast dari aplikasi lain atau dari system, Contohnya: aplikasi juga dapat melakukan broadcast agar aplikasi lain tahu bahwa beberapa aplikasi yang telah di-download ke dalam perangkat dan dapat mereka gunakan. Di sinilah fungsi Broadcast Receivers yang berfungsi mengambil alih komunikasi seperti ini dan menginisiasi aksi yang tepat.

Content Providers

Komponen content provider menyuplai data dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya pada saat diminta datanya. Request ini ditangani oleh metode dari kelas Content Resolver. Data nya mungkin dapat disimpan di file system, di database atau di suatu tempat secara keseluruhan.

Komponen Tambahan

2. HYRARCHY OF SCREEN ELEMENTS

Setiap kelompok tampilan merupakan container tak terlihat yang mengelola tampilan anak, sementara tampilan anak iniDapat berupa control masukan atau widget lain yang menggambar sebagian Dari UI.

3. PROSES THREAD

THREAD, Dalam dunia IT, thread adalah pelaksanaan instruksi terkecil dari program komputer yang dapat dikelola secara independen sesuai dengan jadwal. Sebuah thread adalah jalan eksekusi sederhana dalam proses.

PROCES, Secara umum, serangkaian terus menerus dari tindakan untuk mencapai hasil yang spesifik. Namun, dalam dunia komputer, proses adalah sebuah contoh dari mengeksekusi program komputer.

Perbedaaan

4. SIKLUS HIDUP ACTIVITY

Pengertian Activity adalah komponen yang dapat dilihat oleh pengguna, sehingga mereka dapat berinteraksi dengan aplikasi.

Activity memiliki siklus hidup (lifecycle) yang merupakan kondisi yang akan dialami saat diciptakan sampai dihancurkan.

5. PROJECT STRUCTURE

1). Manifest (app/manifest/AndroidManifest.xml ) Pada folder pertama yaitu manifest, yang berisi file AndroidManifest.xml. File ini berisi informasi tentang package (paket ) pada project kalian, yang didalamnya terdapat komponen Aplikasi seperti , Activity ,Services ,User Permission, Content Provider dll.

2.) Java(app/packagename/MainActivity.java) Pada folder kedua ini Java, yang terdapat nama package berisi file class Activity java, yang bias kita ambil contoh bernama MainActivity.java

3) Resource (app/res/drawable/filegambar) Di folder ketiga yaitu folder drawable ,yang merupakan isi dari folder resource. Folder drawable digunakan  untuk menyimpan file-file gambar berformat .jpg atau .png.

4) Resource (app/res/layout/activity_main.xml) Di folder keempat yaitu layout ,yang merupakan isi dari folder resource. Folder layout digunakan untuk menyimpan file-file layout yang merupakan tempat membuat komponen User Interface (antarmuka ).

5) Resource (app/res/mipmap/ic_launcher), Di folder kelima yaitu mipmap yang merupakan isi dari folder resource. Folder mipmap digunakan untuk menyimpan file ,  icon launcher aplikasi yang bernama ic_launcher.

6) Resource (app/res/values), Di folder keenam yaitu values , yang merupakan isi dari folder resource. Folder values digunakan untuk menyimpan file-file seperti string.xml , styles.xml , dan color.xml.string.xml berisi resource  data-data text yang akan digunakan untuk komponen Aplikasi.styles.xml berisi resource tentang tema seperti Toolbar, yang akan digunakan untuk komponen Aplikasi.color.xml. berisi resource warna-warna dari file styles.xml.

7)  Gradle, adalah build tools yang digunakan pada Android Studio, untuk mencompile-merun project Aplikasi yang akan kalian buat. Jika di Eclipse build tools yang digunakan adalah Ant. Pada build.gradle  digunakan untuk mengidentifikasi versi OS ,SDK,library yang akan kalian gunakan pada Aplikasi.

6. STRUKTUR XML

Sebuah dokumen XML harus berisi element root, elemen ini merupakan parent dari element-element yang lain. Elemen dalam dokumen XML membentuk struktur pohon. Sebuah pohon dimulai dengan root dan memiliki cabang sampai level yang paling rendah. Semua elemen dapat mempunyai sub elemen(elemen child).

7. JENIS – JENIS LAYOUT

Pengertian Layout adalah suatu tampilan tata letak di android studio untuk mengatur penempatan text/gambar yang sudah terkonsep.jadi layout di sini adalah bagian terpenting untuk memperindah tampilan pada aplikasi yang kita buat nyaman di lihat bagi pengguna.

Layout di bagi menjadi 2 yaitu:

Liniear Layout adalah design tampilan pada aplikasi kita dengan tata letak secara vertical dan horizontal dimana tata letak aplikasi kita hanya bisa memasukan media secara mendatar dan menurun.

Relative Layout design tampilan pada aplikasi kita dengan tata letak secara bebas tanpa aturan sesuai keinginan kita.tidak seperti Linear Layout yang hanya terpaku pada salah satu tampilan vertical dan horizontal.

8. MENDESAIN USER INTERFACE DAN LAYOUT

Di Layout Editor Android Studio, Anda bisa dengan cepat membangun layout dengan menyeret widget ke dalam editor desain visual sebagai ganti menulis XML layout secara manual. Editor ini bisa menampilkan pratinjau layout Anda dalam berbagai versi dan perangkat Android, dan Anda secara dinamis bisa mengubah ukuran layout untuk memastikannya berfungsi dengan baik pada berbagai ukuran layar.

Palette: Menyediakan daftar widget dan layout yang bisa Anda seret ke dalam layout di editor.

Component Tree: Menampilkan hierarki tampilan untuk layout Anda. Klik sebuah item di sini untuk melihatnya dipilih dalam editor.

Toolbar: Menyediakan tombol untuk mengonfigurasi penampilan layout di editor dan untuk mengedit properti layout.

Design Editor: Menampilkan layout Anda bersama tampilan Design dan Blueprint.

Properties: Menyediakan kontrol properti untuk tampilan yang dipilih saat ini.

9. ANDROID UI CONTROL

Text View Merupakan widget yang berfungsi untuk menampilkan dan mengkostumisasi sebuah teks.

Edit Text Merupakan widget yang berfungsi untuk memasukan dan mengedit sebuah teks. Contohnya : kolom input ketika LogIn pada Facebook,E-mail,Twitter,dll.

Button Merupakan widget yang berfungsi untuk mengeksekusi sebuah perintah atau melakukan aksi yang telah ditentukan.

Spinner Merupakan widget yang berfungsi untuk menampilkan daftar item drop down.

CheckBox Merupakan widget yang berfungsi sebagai daftar menu yang disediakan untuk pengguna memilih menu dengan cara menceklis salah satu pilihan menu pada sebuah kotak.

Radio Button Merupakan widget yang berfungsi sebagai daftar menu yang disediakan untuk pengguna memilih menu dengan cara mengklik salah satu pilihan menu pada sebuah lingkaran.

10. Contoh program UI dalam aplikasi

Membuat widget CheckBox dan TextView yang akan kita masukan ke file layout activity_main.xml.

Daftar Pustaka :

http://www.insinyoer.com/komponen-aplikasi-android/http://developer.android.com/guid/topics/ui/overview.html

http://www.sridianti.com/perbedaan-proses-dan-thread-dalam-os.htmlhttps://www.petanikode.com/android-activity/

Android Studio Part 2 : Struktur Project Android Studio

http://dwi.staff.unisbank.ac.id/2012/10/24/struktur-dokumen-xml-xml-tree/

https://medium.com/@kalifardy56/mengenal-jenis-layout-android-studio-335a63666ff7

https://www.tutorialspoint.com/android/android_user_interface_controls.html

 

Link Download :

click here