Kelas : TI 15 B
Nama Anggota:
Arif Risqiantoro (15.11.0039)
Dadang Wahyu Utomo (15.11.0033)
Isnan Aditia (15.11.0034)
Dimas Bagus Raditya (15.11.0056)
Destyan Panca Kottama(15.11.0059)
Pengenalan Pemrograman Mobile
Pengertian Pemrograman Mobile
Mobile Computing (Pemrograman Mobile) adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan wireless serta mendukung komunikasi.
Dari beberapa definisi dari beberapa sumber tersebut, dapat disimpulkan bahwa mobile computing atau mobile computer ataupun portable computer adalah teknologi tanpa kabel, biasanya berukuran kecil, portabel / dapat dibawa kemana-mana, dan mendukung komunikasi.
Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Mobile
Kelebihan :
- Extreme Personalization
- Tempat menyimpan segala informasi pribadi
- Pengaksesan Informasi setiap saat dan dimanapun
- Memungkinkan kita untuk bekerja, belanja atau bermain tanpa batasan waktu dan tempat
- Mobilitas tinggi tanpa kerumitan kabel (WLAN) & Instalasi jaringan yang tepat
- Kompatible yang tinggi dengan teknologi lain
- Cocok untuk daerah yang belum ada infrastruktur
- Reduksi Biaya : dalam kasus pengembangan, pemindahan maupun perubahan konfigurasi LAN
Kekurangan :
- Harus LoS (Line of Sight)
- Security
- Interference (Pesawat)
- Sensitif terhadap cuaca
- Keterbatasan jarak (10-100m)
- Izin menggunakan Frequency
- Menggunakan frekuensi 2.4 GHz
Sistem Operasi Perangkat Bergerak
- Android
Android merupakan OS yang dibuat oleh Andy Rubin pada tahun 2005 sebelum diakuisisi oleh Google, dirilis tahun 2007 bersamaan dibentuk Open Handset Alliance. Pada saat perilisan Android bersama Open Handset Alliance mendukung penuh pengembangan terbuka pada perangkat seluler atau biasanya di sebut dengan mobile. Device Android pertama adalah HTC Desire.
- IOS
Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV.
- Windows Mobile
Windows Mobile merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Microsoft, produk Mobile Windows seperti Sagem myS-7, O2 Xphone dll. Sistem operasi yang berhasil dikembangkan dan diaplikasikan mulai dari Pocket PC 2000 hingga Windows Mobile versi 6.5.5. Meskipun ada beberapa kelebihan seperti fitur GPS, dapat menonton televisi, mobile blog, mobile database namun kelemahan dari Windows Mobile adalah minim developer independen. Windows Phone adalah keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform Windows Mobile. Tidak seperti pendahulunya, Windows Phone ditujukan pada pasar konsumen alih alih perusahaan. Sistem operasi ini pertama diluncurkan bulan Oktober 2010 dan diluncurkan di Asia pada awal 2011. Di Windows Phone, Microsoft menciptakan antarmuka pengguna baru menggunakan bahasa desainnya yang diberi nama Modern Style UI
- Blackberry
Blackberry adalah OS yang dikembangkan Research in Motion (RIM), perusahaan IT asal Kanada. RIM ditujukan bagi pelanggan korporasi atau bisnismen sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email.
- Symbian
Salah satu OS Legend dihati masyarakat Indonesia, khususnya Nokia lover adaah Symbian. Betapa tidak, OS pernah merajai pasaran mobile pada saat masa jayanya Nokia. Diperkenalkan tahun 1997. Saat ini banyak yang telah menggunakan sistem operasi ini oleh berbagai vendor produk peralatan mobile. Namun sayang Symbian telah ‘mati’ oleh Nokia sebelum bergabung Microsoft tahun 2012.
- Tizen
Tizen OS adalah sistem operasi open source berbasis Linux yang dikembangkan Samsung yang bertujuan untuk menyaingi Android. Tizen OS telah bekerja sejak awal 2012 namun telah mengumpulkan perhatian baru-baru ini berkat keterlibatan Samsung dan minat dalam platform.
Versi Versi Sistem Operasi Mobile
Android
- 1.0,”Alpha” dirilis 23 September 2008
- 1.1,”Beta” dirilis 9 Februari 2009
- 1.5 “Cupcake”, dirilis 27 April 2009
- 1.6 “Donut”, dirilis 15 September 2009
- 2.0-2.1 “Eclair”, dirilis 3 Desember 2009
- 2.2-2.2.3 “Froyo”, dirilis 20 Mei 2010
- 2.3-2.3.7 “Gingerbread”, dirilis 6 Desember 2010
- 3.0-3.2.6 “Honeycomb”, dirilis 22 Februari 2011
- 4.0-4.0.4 “Ice Cream Sandwich”, dirilis 18 Oktober 2011
- 4.1-4.3.1 “Jelly Bean”, dirilis 9 Juli 2012
- 4.4-4.4.4 “KitKat”, dirilis 31 Oktober 2013
- 5.0-5.1.1 “Lolipop”, dirilis 12 November 2014
- 6.0-6.x.x “Marsmallow”, September 2015
IOS
- iPhone OS 1.x, dirilis 6 Maret 2008
- iPhone Os 2.x, dirilis 11 Juli 2008
- iPhone OS 3.x, dirilis 17 Juni 2009
- iOS 4, dirilis 22 November 2010
- iOS 5, dirilis 12 Oktober 2011
- iOS 6, dirilis 19 September 2012
- iOS 7, dirilis 18 September 2013
- iOS 8, dirilis 17 September 2014
- iOS 9, dirilis 16 September 2015
Windows Phone
- Windows Phone 7, dirilis 21 Oktober 2010
- Windows Phone 7.5, dirilis 27 September 2011
- Windows Phone 7.8, dirilis 1-2 Februari 2012
- Windows Phone 8, dirilis 29 Oktober 2012
- Windows Phone 8.1, dirilis 14 April 2014
- Windows Phone 10, dirilis akhir 2015
Perbandingan Sistem Operasi Mobile
- Symbian Platform
Kelebihan. Symbian terbilan OS yang paling laris pada tahun 2007 sampai 2010 kemarin karena memang belum ada yang menandinginya waktu itu. Symbian juga terbukti bisa tampil baik pada ponsel dan dirancang untuk multimedia, hampir semua aplikasi yang kompatibel bisa dipasang disana. Symbian adalah besutan dari nokia yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Symbian merupakan os yang dapat dimanipulasi semua yang ada didalamnya, atau istilah kerennya di modif atau modding, symbian dapat dibentuk atau gampangnya dirubah tampilannya sesuai selera namaun untuk ini memang butuh orang yang cukup berpengalaman untuk bisa memodif sampai sejauh itu. Symbian mampu bersaing dengan pesaing pesaing kelasnya, yaitu sony ericson, samsung dan lg.
Kekurangan. Pada saat beberapa tahun lalu mungkin symbian yang paling populer, namun tidak untuk saat ini, symbian merosot dengan adanya os baru besutan dari merek dagang yang lain, seperti iphone atau yang paling berat yaitu blackberry yang sudah sangat populer saat ini. Karena symbian isinya atau konfigursi systemnya hampir sama dengan komputer, symbian rentan terkena virus. Tentu saja virus ponsel, kadang juga virus dari komputer tapi biasanya tidak terlalu berbahaya sampai yang berbahaya sampai ponsel tidak bisa dihidupkan lagi. Symbian terbilang hampir tersisih saat ini karena mungkin mulai tahun 2013 nokia tidak mengeluarkan ponsel symbian lagi karena telah digantikan dengan windows mobile besutan nokia.
- Sistem operasi BlackBerry
Kelebihan: Sistem Operasi Blackberry Bisa digunakan sebagai GPS. Telah didukung teknologi wifi sehingga jika kita berpergian keluar negeri bisa menerima email dan mengirim email gratis melalui hot-spot. Karena layanan BIS Blackberry menggunakan jalur khusus, koneksi jarang terganggu.
Kekurangan: Sistem Operasi Blackberry Sistem operasi sangat tertutup dan tidak bisa dipersonalisasikan.
- Sistem Operasi Android
Kelebihan Sistem Operasi Android
- Kinerja lebih stabil
- Dukungan software yang cukup memadai
- Pengoperasiannya lebih mudah
- Dukungan berbagai layanan dari Google>>
Kekurangan Sistem Operasi Android
- Sistem keamanan yang kurang
- Sistem Operasi Windows Phone
Kelebihan:
Live Tiles
Microsoft mengklaim bahwa fitur yang bisa menghadirkan segala informasi di halaman awal (home screen) membuatnya menjadi satu- satunya ponsel yang punya fitur ini. Penting?? Tergantung tetapi memang kita bisa melihat semua informasi mulai dari SMS/ email masuk, Facebook update dan lainnya tanpa perlu klik ke menu lainnya.
Office Hub
Seperti kita tahu, kelebihan dari OS Mobile dari Microsoft adalah punya aplikasi Office seperti Word, Excel dan lainnya dan sejauh ini memang hanya OS
Windows Phone 7 yang memberikan kenyamanan dalam hal untuk kerja dengan aplikasi Office.
Xbox Live
Ini juga hal penting bagi anda yang suka main game di ponsel karena Windows Phone 7 bisa memainkan beberapa game Xbos Live yang pastinya tidak dimiliki
oleh ponsel lain
MarketPlace Hub
Sama seperti Apple Store dan Android Market, melalui MarketPlace kita bisa menginstall banyak aplikasi lain. Pertanyaannya, apakah aplikasi ini gratis atau harus bayar?? Smile – Search & Maps featuring Bing Jika Android memanfaatkan mesin pencari Google, tentu di Windows Phone 7 ini memanfaatkan Bing yang memang milik si Om Bill Gates.
Jika Android punya Google Maps, di Windows Phone 7 punya Bing Maps yang
menurut kami memang lebih banyak add-ons dibandingkan Google Maps.
Email featuring Outlook
Mobile Jika anda sering menggunakan Microsoft Outlook maka di Windows Phone 7 ini menjanjikan fitur yang hampir sama seperti di Outlook dimana banyak hal yang terintegrasi di dalamnya, mulai dari email, kalender dan lainnya – Internet Explorer Mobile Apa sih yang dibutuhkan oleh seuah browser?? Hanya 3 kata yaitu “cepat, cepat dan cepat”. Nah, apakah mobile browser ini akan sama bagusnya dengan Internet Explorer 9 yang cukup cepat?? Kita lihat saja nanti.
Find My Phone
Ini fitur yang membuat anda sedikit tenang karena bila ponsel anda hilang (amit-amit sih) maka melalui “Find My Phone” kita bisa menemukannya. Cukup log-in ke Windows Live dari PC kemudian melalui web ini kita bisa melakukan beberapa hal mulai dai mengunci ponsel, menghapus data di ponsel atau mencari lokasi secara nirkabel.
Kekurangan:
– No Bluetooth file transfers Ini artinya kita tidak bisa kirim file dari atau ke ponsel Windows Phone 7 dan sepertinya harus menggunakan aplikasi terpisah
No USB mass storage mode
Artinya kita tidak bisa melihat isi file di komputer melalui Windows Explorer secara langsung dan harus menggunakan aplikasi bawaan dari ponsel
No Flash or Silverlight
support in the browser Kemungkinan besar anda tidak bisa melihat video seperti YouTube dan lainnya melalui browser yang ada
No video calls Tidak bisa
melakukan video call seperti yang bisa dilakukan oleh iPhone 4 atau tidak bisa mengharapkan aplikasi seperti Skype di install di dalamnya
No custom ringtones
Penting atau tidak penting, sepertinya cukup membosankan bila bertahun-tahun harus mendengarkan ringtone yang sama.
No multitasking
Ini yang paling aneh menurut kami, kenapa juga tidak bisa multitasking mengingat ini sangat penting bagi anda yang suka menjalankan beberapa aplikasi sekaligus disaat bersamaan. Masalahnya di Windows Mobile seri 6, Multitasking-lah yang membuat Windows Mobile OS lebih baik dibanding yang lain.
No copy/paste
Satu lagi keanehan, kok bisa-bisanya fitur ini dihilangkan, walaupun mungkin jarang digunakan, tetap saja dibutuhkan.
No DivX/XviD video support
Agak repot memang mengingat sekarang format video banyak yang menggunakan format diatas tetapi ini bisa diakalin dengan mengkonversi format video tersebut melalui aplikasi Zune
No internet tethering
support Penting bagi anda yang suka menggunakan ponsel untuk koneksi internet ke notebook tetapi kalau tidak pernah (seperti kami), ini tidak masalah dan kemungkinan besar ada aplikasi tambahan yang bisa digunakan untuk membuat ponsel anda sebagai router.
Arsitektur Sistem Operasi Mobile
Arsitektur Symbian OS
Secara umum arsitektur Symbian OS sendiri dapat digambarkan menjadiempat lapisan berdasarkan penggunaan API yang tersedia, yaitu
1.Application Utility Layer (Lapisan Pendukung)
Terdiri dari berbagai pendukung yang berorientasi pada aplikasi. Hal inimemungkinkan aplikasi lain (diluar sistem operasi) untuk berintegrasi
Dengan aplikasi dasar yang tersedia pada sistem operasi. Bentuk layananlain termasuk proses pertukaran data dan manajemen data.
2.GUI Framework
Lapiran ini merupakan framework API yang tersedia untuk memberdukungan terhadap penanganan input user secara grafis maupun suara yangdapat digunakan oleh aplikasi lain.
3.Lapisan Komunikasi
Lapisan ini berfungsi sebagai sistem operasi yang focus diimplementasipada peralatan komunikasi mobile, symbian OS memiliki kumpulan APIyang focus pada lapisan komunikasi. Bagian teratas pada lapisan initerdapat dukungan pencarian dan pengiriman pesan teks. Berikutnya adalahantarmuka yang member dukungan komunikasi seperti bluetooh daninfrared sertaUSB. Yang terakhir pada lapisan ini adalah protocolkomunikasi berupa TCP/IP, HTTP, WAP dan Layanan telepon.
4.Lapisan Sistem API Dasar
Lapisan ini merupakan kumpulan API yang mendukung pengaksesan datamemori, tanggal dan waktu, serta sistem dasar lainnya
Arsitektur iOS
Arsitektur iOS mirip dengan arsitektur yang ditemukan di Mac OS X. Pada tingkat tertinggi, iOS bertindak sebagai perantara antara hardware danaplikasi yang dibuat. Aplikasi tidak berkomunikasi dengan hardware secaralangsung. Sebaliknya, mereka berkomunikasi dengan perangkat keras melaluisatu set antarmuka system yang terdefinisi dengan baik. Antarmuka ini membuat menjadi lebih mudah untuk pengoprasian aplikasiyang bekerja secara konsisten pada perangkat yang memiliki hardware yangberbeda. Penerapanteknologi iOS dapat dilihat sebagai seperangkat lapisanyang direpresentasikan pada gambar dibawah. Lebih rendah lapisan mak lapisan tersebut mengandung layanan dan teknologi yang juga mendasar. Lapisan tingkat tinggi membangun lapisan bawah dan menyediakan layananyang lebih canggih.
Arsitektur Android
Arsitektur dari sistem operasi android menggunakan 4 layer dimana ada Applications, Aplications Framework, Libraries & Runtime dan Kernel.
- Aplications Layer adalah Layer dimana Aplikasi-aplikasi yang langsung berhubungan dengan user. Aplikasi berada pada lapisan terluar dari Arsitektur Amdroid. Pengguna awam Android pasti akan berinteraksi dengan lapisan ini umtuk fumgsi umum seperti menelepon, mengakses website, dll.
- Aplication Frame Layer dimana semua aplikasi yang ada delayer Aplications (layer paling atas) berhubungan dengan layer Aplication Framework. Dilayer ini diatur beberapa proses standard seperti Management Activity, Management Resource, Management Windows, dll.
- Activity Manager – mengontrol semua aspek dari siklus hidup aplikasi dan Activity Stack.
- Content Provider – Mengizinkan aplikasi untuk mempublikasikan dan berbagi data dengan aplikasi lainnya.
- Resource Manager – Memberikan akses kepada resources yang bukan kode seperti strings, warna, dan layout User Interface.
- Notifications Manager – Membuat aplikasi dapat menampilkan pengingat dan notifikasi kepada pengguna.
- View System – Digunakan untuk membuat User Interface aplikasi.
- Library membawa sekumpulan instruksi untuk mengarahkan perangkat Android kita dalam menangani berbagai tipe data. Contohnya perekam dari berbagai macam format Video dan Audio ditangani oleh Media Framework Library. Kategori ini menyangkut Library berbasis Java yang berfungsi khusus untuk pengembangan Android. Contoh dari Library yang termasuk dalam kategori ini adalah Library yang memfasilitasi pembangunan User Interface, Penggambaran Grafik dan Akses database, juga library yang terdapat pada Aplication Framework. Berikut adalah bebrapa kegunaan Library:
- Surface Manager: Mengolah tampilan Windows pada Layer
- SGL: grafik 2 dimensi
- Open GLIES: Grafik 3 dimensi maupun 2 dimensi
- Media Framework: menunjang perekaman dari berbagai macam format audio, video dan gambar
- Free Type: penerjemah font
- WebKit: Mesin browser
- Libc (System C libraries)
- SQLite: Database
- Open SSL: Sekuritas Jaringan
- Android Runtime Layer. Terletak pada level yang sama dengan lapisan Library juga terdapat Lapisan Android Runtime dan juga sekumpulan Library Java yang dikhususkan untuk Android. Programer Aplikasi Android membuat aplikasinya menggunakan bahasa pemrograman Java. Dalam lapisan Android Runtime juga terdapat Dalvik VM (Virtual Machine). Dalvik Virtual Machine adalah sejenis Java Virtual Machine yang didesain khusus dan dioptimasikan untuk Android. Dalvik VM menggunakan fitur inti Linux seperti manajemen memory dan multi-threading. Dalvik VM membuat setiap aplikasi Android dapat berjalan dengan prosesnya sendiri. Berikut beberapa rangkuman mengenai Dalvik VM:
- Dalvik VM adalah VM berbasis Register
- Optimal karena kebutuhan memory yang sedikit
- Didesain agar banyak VM dapat dijalankan pada saat yang sama
- Bergantung pada OS yang mendasari suatu proses isolasi, manajemen memori dan dukungan threading.
- Beroperasi pada ekstensi DEX
- Kernel Layer lapisan ini tidak benar-benar berinteraksi dengan pengguna maupun developer, tapi lapisan ini merupakan jantung dari seluruh sistem di Android karena lapisan inilah yang memberikan fungsi-fumgsi berikut pada sistem Android:
- Abstraksi Hardware
- Program Manajemen Memory
- Program Sekuritas
- Manajemen Energi Software (Baterai)
- Driver (Driver adalah program yang mengontrol hardware)
- Network Stack
Software Development
Software Development adalah salah satu tipe proyek IT yang berfokus pada penciptaan atau pengembangan perangkat lunak. Software Development dapat didetailkan lagi menjadi proses: 1) penciptaan software untuk memenuhi kebutuhan manusia, 2) desain software, 3) pengembangan software aplikasi perusahaan, atau 4) pengembangan platform (Wales, 2012).
Secara garis besar Software Development terbagi menjadi beberapa tahapan, yaitu:
- Planning
Merupakan tahap awal untuk memulai Software Development. Tujuan dari tahap ini adalah menghasilkan: 1) proses kerja yang jelas antar setiap anggota, 2) timeline, dan 3) anggaran dana. Pada tahap ini juga, ketua proyek berkoordinasi dengan stakeholder untuk membuat kontrak kerja yang jelas. Selain berisi tentang estimasi dana, kontrak kerja juga harus memiliki batasan-batasan pengerjaan yang jelas. Hal ini dilakukan agar tim proyek tidak terikat dengan tambahan-tambahan modul yang nanti mungkin agar terjadi.
- Requirement and Specification
Tahap ini dilakukan untuk menentukan fitur-fitur yang tepat serta kebutuhan sistem untuk software yang akan dibuat. Tahap ini dapat dilakukan dengan interview, observasi lapangan, dan studi pustaka.
- Architecture and Design
Merupakan tahap untuk menentukan detail sistem yang akan dipakai. Tahap ini bertujuan untuk menentukan desain keseluruhan dari software, yang meliputi: konseptual database, sistem keamanan, dan interface.
- Implementation and Testing
Tahap implementasi merupakan tahap pembuatan software dengan berpedoman pada tahap-tahap sebelumnya. Sedangkan tahap Testing merupakan serangkaian uji coba yang diberikan kepada software untuk menentukan kapabilitasnya. Tsting dapat terbagi menjadi: 1) security testing, 2) performance testing, 3) stress testing, 4) recovery testing.
- Deployment and Maintenance
Kedua tahap terakhir ini adalah tahap dimana software telah mulai digunakan oleh user. Terdapat 2 hal penting yag ada pada tahap ini, antara lain: 1) training penggunaan software dan 2) pemantauan software. Pemantauan dilakukan untuk mengecek apakah software telah stabil atau belum. Kestabilan ini dapat dinilai dengann tidak adanya bug yang muncul selama penggunaan.
Sumber :
http://accompin.blogspot.co.id/2015/12/sejarah-dan-tahun-perkembangan-mobile.html
https://www.slideshare.net/Garry54/mobile-technology
http://buzzitech.blogspot.co.id/2015/10/macam-macam-sistem-operasi-mobile.html
https://www.academia.edu/7522885/Perbandingan_Sistem_Operasi_Mobile_Platform?auto=download
https://algoritmacinta.wordpress.com/2012/02/26/software-development-definisi-dan-contoh/